Layanan Besuk Online Rutan Kupang Ramai Dimanfaatkan Keluarga Tahanan

Layanan besuk online yang diberlakukan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kupang ramai dimanfaatkan keluarga tahanan.

Layanan Besuk Online Rutan Kupang Ramai Dimanfaatkan Keluarga Tahanan
POS KUPANG.COM/RYAN NONG
Tahanan sedang memanfaatkan layanan video call besuk online yang disediakan di Rutan Kelas IIB Kupang. 

Layanan Besuk Online Rutan Kupang Ramai Dimanfaatkan Keluarga Tahanan

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Layanan besuk online yang diberlakukan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kupang ramai dimanfaatkan keluarga tahanan. Sejak dibuka pada Sabtu (21/3/2020), layanan tersebut menjadi pilihan keluarga untuk berkomunikasi dengan para tahanan yang berada di dalam Rutan. 

Setiap hari, rata rata sebanyak 20 tahanan yang menggunakan layanan pengganti kunjungan (besuk) langsung itu. 

Kepala Rutan Kelas IIB Kupang Yohanes Varianto kepada POS-KUPANG.COM mengatakan, layanan besuk online tersebut dimanfaatkan keluarga tahanan untuk berkomunikasi tanpa harus datang dan berkunjung langsung ke Rutan. 

Layanan besuk online yang diberlakukan dalam upaya mengantisipasi dan mencegah penyebaran Corona di lingkungan Rutan Kelas IIB Kupang itu telah dimanfaatkan oleh keluarga. 

Ia mengatakan, Rutan menyediakan dua unit komputer yang digunakan sebagai fasilitas besuk online melalui video call. Komputer tersebut diletakkan di ruang besuk yang berada di dalam area Rutan. 

"Untuk keluarga jangan khawatir, kita siapkan layanan kunjungan atau  besuk online, jadi keluarga bisa tetap dapat berkomunikasi," ujar Varit. 

Varit menjelaskan, layanan besuk online tersebut dilaksanakan melalui video call dengan menggunakan aplikasi WhatsApp melalui nomor telepon Operator Besuk Online Rutan Kupang pada 085333875822. 

Prosedur layanan besuk online tersebut, jelas Varit  dilakukan dengan mendaftar pada nomor operator besuk Online Rutan Kupang tersebut.

"Keluarga mendaftar dengan mengetik format nama, alamat dan WBP yang ingin dihubungi. Setelah itu menunggu balasan dari operator sesuai antrian untuk melakukan video call dengan WBP (tahanan)," katanya. 

Varit menjelaskan, waktu video call dibatasi 5 menit untuk setiap orang dan waktu layanan besuk online dilaksanakan selama jam besuk online yakni sejak pukul 08.00 Wita hingga pukul 11.30 Wita. 

Sesuai dengan edaran sekjen Kemenkumham, Instruksi Plt Dirjen Pemasyarakatan dan surat edaran Gubernur NTT tentang pencegahan penyebaran virus Corona maka kunjungan dihentikan sementara untuk jangka waktu dua pekan atau 14 hari. 

Pantauan POS-KUPANG.COM pada Kamis (26/3/2020), tampak beberapa tahanan sedang memanfaatkan layanan besuk online tersebut. Saat ada tahanan yang menggunakan layanan video call, tahanan yang lain tampak mengantre. 

Cegah Penyebaran Covid-19, PLN Hitung Pemakaian Listrik Rata-Rata Tiga Bulan Terakhir

Cegah Covid-19, Tim Gabungan Semprot Disinfektan di Seputaran Kota Bajawa

Selain besuk online, Rutan Kelas IIB Kupang juga telah menyediakan ruang isolasi mandiri di Rutan Kupang. Ruang isolasi mandiri tersebut terdiri dari dua ruangan yang terdiri dari satu ruangan di unit kesehatan dan satu ruangan di blok hunian. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong )

Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved