Jaga Integritas dan Netralitas, Pengawas Kelurahan dan Desa di Manggarai Harus Bekerja Profesional

Jaga integritas dan netralitas, Pengawas Kelurahan dan desa di Manggarai harus bekerja profesional

ISTIMEWA
Komisioner Bawaslu Manggarai 

Jaga integritas dan netralitas, Pengawas Kelurahan dan desa di Manggarai harus bekerja profesional

POS-KUPANG.COM | RUTENG - Bawaslu Manggarai, Pengawas Pemilihan Kelurahan Desa ( PPKD) se-Kecamatan Cibal diminta menjaga integritas dan netralitas.

PPKD dituntut bekerja profesional sesuai kewenangannya berdasarkan peraturan perundangan-undangan.

Ini Perkembangan Terbaru Tahapan Pilkada Manggarai 2020 dari KPU

Demikian disampaikan Ketua Panitia Pengawasan Pemilihan Kecamatan Cibal, Siprianus Anggal, S.P saat Pelantikan 17 Pengawas Pemilihan Kelurahan dan Desa se-Kecamatan Cibal di Aula Kantor Kecamatan Cibal di Pagal, Sabtu (14/3/2020) pagi.

Dikatakan Anggal, Pengawas Pemilihan Kelurahan/Desa agar melakukan pengawasan secara massif pada setiap tahapan sebab wilayah kita terkategori rawan tinggi dari sisi Indeks Kerawanan Pemilu.

Respon Situasi Covid-19, Ini Kerja Sama Ruangguru dan Telkomsel

"Pengawas Kelurahan/Desa terpilih merupakan murni hasil seleksi berdasarkan juknis pembentukan Pengawas Kelurahan/Desa dan melalui proses seleksi terbuka yang bisa dipertanggungjawabkan. Karena itu, sebagai orang-orang pilihan, kita dituntut menjaga marwah Bawaslu dalam Pemilihan Bupati Wakil Bupati Manggarai 2020," kata Sipri.

Dia juga menegaskan, penetapan Pengawas Kelurahan/Desa terpilih ini melalui mekanisme yang sangat panjang dalam setiap tahapannya sehingga dalam proses ini ada suka dukanya.

"Tetapi kami tetap optimis bahwa Pengawas Kelurahan/Desa terpilih siap bekerja dan mengawasi segala tahapan-tahapan Pilkada 2020 Kabupaten Manggarai sejak dilantik hingga berakhirnya masa tugas.Tugas pengawasan tidak hanya semata-mata dilakukan oleh Pengawas, tetapi juga dilakukan oleh semua elemen masyarakat. Kita sebagai pengawas juga akan di awasi oleh masyarakat, karena itu tetap jaga integritas, profesionalisme dan netralitas dalam menjalankan amanah ini," paparnya.

Kordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Manggarai, Fortunatus H. Manah, menyampaikan moment pelantikan ini menjadi momentum awal bagi Pengawas Kelurahan/Desa untuk mewujudnyatakan komitmen sesuai pernyataan yang terungkap dalam pengambilan sumpah janji jabatan.

Ia juga menegaskan, tugas Pengawas Pemilihan Kelurahan Desa harus disadari sebagai tugas pengabdian bagi bangsa dan Negara di bidang penyelenggara pemilu khususnya kepengawasan.

Halaman
12
Penulis: Aris Ninu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved