Setelah di Istana Bogor, Raja dan Ratu Belanda Kunjungi Keraton Yogyakarta

Setelah di Istana Bogor, Raja Kerajaan Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima berkunjung ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Editor: Kanis Jehola
KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA
Raja Kerajaan Belanda Willem Alexander saat bertukar cinderamata dengan Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan HB X. 

POS-KUPANG.COM | YOGYAKARTA - Setelah di Istana Bogor, Raja Kerajaan Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima berkunjung ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Kehadiran Raja dan Ratu Belanda disambut oleh Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan HB X dan GKR Hemas.

Sekitar pukul 11.00 WIB, Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima tiba di Regol Keben Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Raja dan Ratu Belanda lantas disambut oleh anak-anak Sri Sultan HB X antara lain GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, dan GKR Maduretno, dan GKR Bendoro.

Pesta Pernikahan Berakhir Duka, Mempelai Pria Beli Miras Oplosan, 2 Tamu Tewas

Selain itu, turut menyambut pula menantu Sri Sultan HB X antara lain, KPH Wironegoro, KPH Purbodiningrat, dan KPH Yudonegoro.

Sesampainya di Regol Donopratopo, Raja dan Ratu Belanda disambut oleh Sri Sri Sultan HB X dan GKR Hemas.

Dalam kesempatan ini, Sri Sultan tampak mengenakan Baju Taqwa berwarna merah muda lengkap dengan penutup kepala Kuluk Kanigoro.

Mahkamah Agung Batalkan Kenaikan Iuran Peserta, Begini Tanggapan Dirut BPJS Kesehatan

Selanjutnya rombongan masuk ke Gedhong Jene. Di lokasi ini dilakukan pertemuan secara tertutup.

Usai pertemuan, Raja Willem dan Ratu Maxima beserta Sri Sultan dan GKR Hemas tampak saling bertukar cinderamata.

Raja dan Ratu Belanda juga berkesempatan menyaksikan Tari Beksan Lawung Ageng di Bangsal Kencana. Tari tersebut diciptakan oleh Sri Sultan HB I.

Rombongan kemudian menuju Bangsal Manis untuk menyantap makan siang. Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan HB X mengatakan, Raja Willem Alexander pernah datang berkunjung ke keraton.

"Ya hanya kenangan saja. Dulu Beliau pernah ikut ibunya waktu ke sini. Sekarang posisinya Beliau beda," ucap Sri Sultan HB X, Rabu (11/03/2020).

Sri Sultan menyampaikan tak ada pembicaraan khusus dengan Raja Kerajaan Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima.

"Sekarang datang kembali ke sini ngobrol aja. Kita hanya sekedar ngobrol-ngobrol saja," tuturnya.

Sekitar pukul 13.11 WIB rombongan Raja Kerajaan Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima meninggalkan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Rombongan lantas menuju ke Kampung Cyber, di RT 36/ RW 09 Keluarahan Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. (Kompas.com/Wijaya Kusuma)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Raja dan Ratu Belanda Kunjungi Keraton Yogyakarta",

Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved