Antisipasi Virus Corona Bandara El Tari Kupang Desinfeksi Seluruh Area Publik

Antisipasi virus corona Bandara El Tari Kupang desinfeksi seluruh area publik

Antisipasi Virus Corona Bandara El Tari Kupang Desinfeksi Seluruh Area Publik
POS-KUPANG.COM/LAUS MARKUS GOTI
Petugas di Bandara El Tari Kupang membersihkan berbagai fasilitas publik dalam rangka antisipasi penyebaran virus Corona, Jumat (6/3/2020). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Antisipasi virus corona Bandara El Tari Kupang desinfeksi seluruh area publik. Dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus corona pihak Bandara El Tari Kupang melakukan desinfeksi di seluruh area publik di Bandara, Jumat (6/3/2020).

"Pada prinsipnya, kami beserta seluruh instansi komunitas bandar udara telah menerapkan upaya ketat dalam memitigasi potensi penyebaran virus corona di bandar udara," ungkap Barata Singgih GM PT. Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang.

Menurutnya pencegahan penyebaran virus ini dengan menerapkan proses desinfeksi di terminal, menyiapkan hand sanitizer.

"Kami juga berterimakasih masyarakat khususnya pengguna jasa Bandara telah paham dan menyadari pentingnya hal-hal yang kami lakukan ini, sampai dengan hari ini telah ada 10 titik tempat hand sanitizer dan dalam waktu dekat akan ditambah," jelasnya.

Enam Korban Pertikaian Berdarah di Sandosi, Flores Timur Dimakamkan

Tidak hanya itu, pihak Bandara telah berkoordinasi dengan pihak Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) memasang dan mengoperasikan satu unit thermal scaner di ruang kedatangan domestik.

"Hal ini memang cukup challenging karena dilakukan bersamaan dengan operasional bandar udara. Namun demikian, dapat kami tegaskan bahwa hal ini tidak mempengaruhi tingkat pelayanan terhadap pengguna jasa bandar udara," ujar Barata

Dia katakan apa yang dilakukan tersebut merupakan tindakan preventif. "Ada maupun tidak ada, kami selaku pengelola bandar udara wajib melaksanakan proses guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi," ungkapnya.

Barata juga meminta kepada Seluruh Maskapai untuk menyediakan Hand Sanitizer di tiap konter masing-masing.

"Saya juga telah menghimbau dan meminta kepada Seluruh Airlines untuk menyediakan Hand Sanitizer ditempat-tempat yang mudah dijangkau oleh Pengguna Jasa, mulai dari Ruangan Customer Services, Konter Check In maupun di meja pemeriksaan imigrasi baik keberangkatan maupun kedatangan" kata Barata.

Pantauan POS-KUPANG.COM terkait disefenksi, para petugas membersihkan sejumlah fasilitas terminal yang sering dipergunakan oleh pengguna jasa, yaitu tray atau wadah bagasi penumpang pada mesin pemindai bagasi di Screening Check Point (SCP).

Selain itu meja check-in counter, trolley bagasi, bangku dan tempat duduk penumpang di boarding lounge dan boarding gate, tombol flush pada toilet, switch dan keran wastafel, fasilitas penanganan bagasi, fasilitas internet corner, ruangan musholla, keran air minum, kids Zone serta tempat sampah.

Menurutnya Barata, pengguna jasa bandar udara sangat sering bersentuhan tangan secara langsung dengan fasilitas tersebut. "Untuk itu, kami bersihkan dengan mekanisme desinfeksi ini untuk mengurangi risiko serta potensi penularan virus corona," tambahnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved