Salam Pos Kupang

Sensus Penduduk Online, Sudah Saatnya!

Mari membaca dan simak Salam Pos Kupang berjudul Sensus Penduduk Online, Sudah Saatnya!

Sensus Penduduk Online, Sudah Saatnya!
Dok
Logo Pos Kupang

Mari membaca dan simak Salam Pos Kupang berjudul Sensus Penduduk Online, Sudah Saatnya!

POS-KUPANG.COM - SENSUS Penduduk bukan hal baru di Indonesia. Sensus Penduduk diselenggarakan Pemerintah melalui Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Dalam Negeri setiap 10 tahun.

Sensus Penduduk terakhir dilaksanakan pada tahun 2010. Setelah 10 tahun berjalan, pada tahun 2020 ini BPS kembali menyelenggarakan Sensus Penduduk yang sama.

Tujuannya, untuk mengetahui jumlah, pertumbuhan, persebaran, kepadatan, dan komposisi penduduk.

Incar Peluang, Persib Bandung Gunaka Skema 4 Pakai 3 Bek, Tapi Maung Singgung Keluarnya Jupe

Data ini selanjutnya bisa digunakan untuk berbagai hal, terutama sebagai data dasar dalam perencanaan pembangunan nasional.

Dengan tujuan seperti itu, maka setiap warga negara diharapkan untuk proaktif mengikuti Sensus Penduduk. Kalau semua terdata dengan baik, maka perencanaan pembangunan akan semakin objektif dan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat.

Dinas Peternakan Lembata Larang Warga Tidak Bawa Daging dan Olahan Daging Babi Dari Kupang

Partisipasi warga dalam mengikuti Sensus Penduduk tentu juga harus didukung dengan sosialisasi yang menyeluruh oleh Pemerintah. Termasuk menyediakan fasilitas memadai yang memudahkan masyarakat untuk memberikan data diri dan keluarganya seobjektif mungkin.

Berkaitan dengan fasilitas, tampaknya pemerintah mengikuti perkembangan teknologi. Kalau pada periode sebelumnya, Sensus Penduduk masih dilakukan secara manual di mana petugas melakukan kunjungan dari rumah ke rumah untuk mengambil data penduduk, maka pada Sensus Penduduk 2020, pemerintah mulai menyediakan fasilitas digital dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan pengisian data mandiri secara online melalui website resmi BPS, selain tetap melakukan kunjungan dari rumah ke rumah bagi masyarakat yang belum atau tidak bisa melakukan pengisian secara online.

Kita patut mengapresiasi upaya Pemerintah ini. Memang sudah saatnya. Masyarakat sudah makin melek teknologi. Tentu, selain supaya bisa menjangkau seluruh masyarakat, pelaksanaan Sensus Penduduk menjadi lebih efisien dari segi waktu, tenaga dan biaya, dengan hasil yang seakurat mungkin.

Berdasarkan jadwal yang disediakan Pemerintah, pengisian data mandiri secara online dilakukan mulai 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Sedangkan pengisian data manual berupa kunjungan petugas ke rumah-rumah dilakukan pada tanggal 1 -31 Juli 2020.

Tentu agar proses pengisian berjalan lancar, Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen seperti Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk (KTP), buku nikah, dokumen cerai/surat keterangan kematian, termasuk untuk anggota keluarga tambahan jika diperlukan.

Selanjutnya, tinggal Anda membuka website atau laman sensus.bps.go.id lalu mengisi sesuai dengan kotak-kotak yang tersedia.

Setiap anggota keluarga yang terdaftar di dalam Kartu Keluarga bisa mengisi sensus penduduk online.

Tidak usah khawatir, informasi yang Anda sampaikan nantinya akan dijamin kerahasiaannya oleh BPS berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Selamat mengikuti Sensus Penduduk 2020. Data Anda sangat menentukan masa depan Indonesia. Anda tercatat, data akurat. *

Penulis: PosKupang
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved