Pendidikan

Literasi Media dalam Pendidikan Karakter Mahasiswa, STKIP Wetebula Gelar Kuliah Umum

Literasi Media dalam Pendidikan Karakter Mahasiswa, STKIP Wetebula Gelar Kuliah Umum.

Literasi Media dalam Pendidikan Karakter Mahasiswa, STKIP Wetebula Gelar Kuliah Umum
dokumentasi STKIP Weetebula
Pater Dr. Eduardus Dosim, M.Si, para dosen dan mahasiswa STKIP 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Apolonia Matilde Dhiu

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Program Studi Pendidikan Keagamaan Katolik, SekolahTinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan ( STKIP) Weetebula-Sumba Barat Daya ( SBD) menyelenggarakan kuliah umum mengusung tema "Literasi Media dan Pendidikan Karakter."

Literasi media sebagai kemampuan secara efektif dan efesien memahami dan menggunakan komunikasi melalui media massa. Kuliah umum dilaksanakan di Aula Kampus STKIP Weetebula, Sabtu (22/2).

Kegiatan tersebut diikuti oleh pimpinan Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik, para dosen, dan seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik (dua angkatan).

Wujudkan Pelayanan Prima, Kasat Intel Polres Belu Beri Penjelasan kepada Masyarakat

Nara sumber dalam kegiatan kuliah umum kali ini adalah Pater Dr. Eduardus Dosi, SVD, M.Si, yang adalah dosen Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Widya Mandira (Unwira) Kupang.

Pater Edu mengatakan, literasi media sebagai satu perangkat perspektif dimana kita secara aktif memberdayakan diri sendiri dalam menafsirkan pesan-pesan yang diterima dan bagaimana cara mengantisipasinya.

Menurut Pater Edu, mahasiswa secara pribadi perlu mempunyai keterampilan dan pengetahuan yang baik tentang literasi sehingga tidak menimbulkan persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, menggereja, berbangsa dan bernegara.

Terutama, katanya, ketika mahasiswa melakukan tugas pewartaan sebagai guru agama kelak.

Polisi Lidik Kasus Pencurian Hp Milik Mahasiswa

Dikatakannya, setiap mahasiswa penting mempunyai pengetahuan yang baik sehingga mampu berkomunikasi dan menyebarkan informasi secara baik di era perkembangan teknologi saat ini.

Ketua Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik, Rm. Mikael Sene, M.Pd, mengatakan, kuliah umum bertujuan agar seluruh kalangan terutama kalangan akademisi dapat memperoleh pengetahuan yang baik dan mendalam, sehingga dapat
mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media secara lebih baik dan bijak.

SEDANG BERLANGSUNG Live Streaming Launching Team dan Jersey Baru Persib Bandung untuk Liga 1 2020

Menurutnya, seiring banyaknya persoalan dan konflik yang muncul oleh pemanfaatan media massa yang salah di kalangan masyarakat dewasa ini, lembaga memandang perlu untuk melakukan edukasi bagi mahasiswa sehingga mereka mampu memanfaatkan media sosial secara baik dan benar.

Sehingga, katanya, konflik semakin diminimalisir.

Dia berharap melalui kegiatan kuliah umum mahasiswa memperoleh informasi yang cukup sehingga semakin kritis dan bijak dalam memanfaatkan media yang ada. (*)

Penulis: Apolonia M Dhiu
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved