Jangan Dianggap Sepele, Penyakit Jantung Bisa Menyerang Siapa Saja

Bagi mereka yang memiliki risiko genetik, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter lebih awal.

Kolase: China Press/zinoti
Ibu Ini Hampir Tewas Terkena Serangan Jantung Gara-gara Kesal Anak Tak Kunjung Paham Diajari Saat Mengerjakan PR 

Jangan Dianggap Sepele, Penyakit Jantung Bisa Menyerang Siapa Saja

POS-KUPANG.COM--Jangan Dianggap Sepele, Penyakit Jantung Bisa Menyerang Siapa Saja

Risiko penyakit jantung bawaan ditentukan dengan kondisi saudara laki-laki tingkat pertama seperti ayah, saudara laki-laki, di bawah usia 55 tahun dengan riwayat serangan jantung atau stroke.

Ini bisa juga berawal dari saudara perempuan tingkat pertama seperti ibu, saudara perempuan atau anak perempuan di bawah usia 65 dengan serangan jantung atau riwayat stroke.

"Ketika kita berbicara tentang orang muda yang mengalami serangan jantung, penting untuk mendiskusikan secara individual berdasarkan faktor risiko," kata Dr. Laffin.

Menurutnya, ini tentang melakukan percakapan yang jujur dan tidak menyepelekan soal usia, terutama jika kita telah memiliki gejalanya.

Pedoman kesehatan merekomendasikan orang yang berusia 20 hingga 39 tahun tanpa risiko genetik agar melakukan pemeriksaan setiap empat hingga enam tahun.

Bagi mereka yang memiliki risiko genetik, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter lebih awal.

Pada akhirnya, penting untuk memahami faktor apa yang membuat kita berisiko terkena serangan jantung, seperti - tekanan darah tinggi, obesitas, atau indeks massa tubuh yang tidak sehat.

Setelah itu, kita harus berusaha untuk menanganinya lebih awal.

"Apa pun yang bisa kita lakukan sejak dini, itu semakin baik. Kita perlu menetapkan kebiasaan yang baik untuk diri kita sendiri dan untuk anak-anak kita, terutama dengan bagaimana obesitas turut mempengaruhi risiko ini," kata Dr. Laffin.

Pilkada Belu Habiskan Dana APBD Senilai Rp 30,5 M

Suami BCL Ashraf Sinclair Meninggal Mendadak Karena ini,Para Pesohor Termauk Putra SBY Ikut Melayat

Andre Hugo Apresiasi Merdeka Belajar, Dana BOS dan Guru Honorer

Menurut Dr Laffin, peningkat tinggi jumlah dari orang dewasa muda yang mengalami serangan jantung adalah bukti bahwa gaya hidup kita perlu diubah.

"Hanya sedikit orang muda yang menganggap faktor-faktor risiko ini dengan serius. Tapi kita harus agresif tentang modifikasi faktor risiko, atau tingkat serangan jantung pada orang muda akan terus meningkat," kata Dr Laffin. (*)

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Penyakit Jantung Bisa Menyerang Semua Usia, Kenali Gejala dan Penyebabnya, https://bangka.tribunnews.com/2020/02/18/penyakit-jantung-bisa-menyerang-semua-usia-kenali-gejala-dan-penyebabnya?page=4.

Editor: Rosalina Woso
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved