Alex Noerdin Pimpin Tim Komisi VII DPR RI Datangi Oelpuah

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai Golkar asal Sumatera Selatan, H. Alex Noerdin, memimpin tim mengunjungi Desa Oelpuah

Alex Noerdin Pimpin Tim Komisi VII DPR RI Datangi Oelpuah
POS-KUPANG.COM/EDI HAYONG
Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, H. Alex Noerdin, bersama rombongan dan Wabup Kupang, Jerry Manafe ketika berada di PLTS Desa Oelpuah, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Jumat (14/2) 

POS-KUPANG.COM I OELAMASI-- Wakil Ketua Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai Golkar asal Sumatera Selatan, H. Alex Noerdin, memimpin tim mengunjungi Desa Oelpuah, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang.

Kehadiran tim Komisi VII berjumlah 16 orang itu untuk melihat secara dekat IPP Pembangkit Listrik Tenaga Surya ( PLTS)  5MWP di Desa Oelpuah.

Alex Noerdin dihadapan Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe juga Dirjen Energi Baru Terbarukan Kementrian ESDM, FX   Sutijastoto juga pejabat dari PlN Wilayah NTT di Oelpuah, Jumat (14/2) mengapresiasi terhadap pembangunan PLTS di daerah ini.

Masih Ingat Kasus Penikaman Tukang Ojek di Kota Kupang, Ini Perkembangannya

Mantan Gubernur Sumatera Selatan dua periode ini menegaskan, anggota DPR RI asal Daerah Pemilihan NTT setiap kali rapat dengar pendapat, selalu menyoroti soal ketidakseimbangan pembangunan antara Indonesia Timur dan Indonesia Barat.

Terhadap ketimpangan pembangunan ini, lanjut Alex, Komisi VII berkepentingan untuk melihat secara langsung kondisi riil di lapangan. Dan saat ini, dirinya memimpin rombongan Tim Komisi VII untuk melihat pembangunan PLTS di Kabupaten Kupang pasca diresmikan Presiden Joko Widodo.

Sempat Disangka Bunuh Diri, Agensi Ungkap Penyebab Meninggalnya Go Soo Jung Pemain Drama Goblin

"Memang kita lihat tidak seimbang pembangunan di Indonesia Timur dan Indonesia Barat. Makanya kami datang untuk lihat kondisi daerah ini. Kami akan dorong percepatan pembangunan di Indonesia Timut agar sejajar dengan Indonesia Barat," ujar Alex.

Dirinya bersama tim melihat PLTS Oelpuah termasuk  yang  terbesar di Indonesia. PLTS Oelpuah dengan Daya 5MWP paling cocok menambah daya listrik di wilayah NTT.

"Soal  Kekeringan yang melanda wilayah NTT, saya kira Pemda NTT bisa membangun komunikasi dengan PLN dan  pihak terkait dalam memodifikasi tambahan hujan. Sangat bisa itu tergantung kemauan," ujar Alex.

Sementara Prof. Dr. Awang Faroek Ishak, MM dari Fraksi Partai NasDem asal Kalimantan Timur prihatin dengan kondisi kelistrikan di NTT. Dirinya setelah mendengar laporan bahwa ada banyak warga belum menikmati listrik, meminta  Kementrian ESDM untuk mencarikan jalan keluar.

"Saya harapkan PLTS sangat cocok membantu PLN dalam menambah daya listrik. Saya kira dengan pasokan listrik PLTS, persoalan listrik dapat teratasi di NTT. Saya sangat yakin NTT dibawa kepemimpinan Gubernur Viktor Laiskodat, daerah ini bakal maju," ujar Awang yang hadir menggunakan kursi roda.

Wabup Kupang, Jerry Manafe menyampaikan terima kasih atas kehadiran tim Komisi VII DPR RI. Kendala utama yang dialami di Kabupaten Kupang yakni listrik. Ada  40 desa di beberapa kecamatan dan 1 kecamatan di Amfoang Timur hingga kini belum menikmati listrik.

"Dengan topografi yang kurang baik memang menjadi kendala buat PLN dalam memperluas jaringan listrik. Harapan saya, kondisi ini menjadi perhatian Komisi VII DPR RI," katanya.

Jerry mengakui, minimnya dana APBD, juga  DAU yang terbatas serta  PAD tidak sampai Rp 7 miliar tentu masih jauh dari upaya mengatasi permasalahan yang dialami daerah ini. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved