Antisipasi Gagal Tanam, Kadis Pertanian Sumba Barat Perintahkan PPL Data Seluruh Lahan Petani

Antisipasi gagal tanam, Kadis Pertanian Sumba Barat perintahkan PPL data seluruh lahan petani

POS-KUPANG.COM/Petrus Piter
Kadis Pertanian Sumba Barat, Ir. Amos R Dida 

Antisipasi gagal tanam, Kadis Pertanian Sumba Barat perintahkan PPL data seluruh lahan petani

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumba Barat, Ir.Amos R Dida mengatakan, telah memerintahkan seluruh petugas penyuluh pertanian ( PPL) yang bertugas di seluruh wilayah Sumba Barat untuk mendata lahan petani yang ditanam maupun belum ditanam.

Hal itu guna mengantisipasi bilamana terdapat bantuan pemerintah baik pemerintah kabupaten, propinsi maupun pusat tersalurkan tepat sasaran. Karenanya data lahan petani sangat penting bila sewaktu-waktu diminta pemerintah dan tinggal melaporkannya.

Kades Yohanes Sebut Material Longsor Segera Dibersihkan

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumba Barat, Ir.Amos R.Dida menyampaikan hal itu di ruang kerjanya, Kamis (6/2/2020).

Menurutnya, saat ini, petugas penyuluh petani sedang melakukan verifikasi lahan petani baik terhadap lahan yang sudah ditanam maupun belum ditanam guna memastikan luasan lahan petani sesungguhnya. Dengan demikian, memudahkan pemerintah menanganinya.

Hal itu perlu dilakukan mengingat petani terancam gagal tanam pada musim tanam kali ini. Hal itu karena hingga saat ini, hujan turun tidak normal.

Terbang Perdana Dimonim Air, Isyak Nuka Sebut Konektivitas Antar Daerah Penting untuk Pariwisata

Dalam kesempatan itu, ia juga menghimbau masyarakat memanfaatkan hujan sedikit yang terjadi dengan menanam berbagai jenis umbi-umbian . Jangan hanya mengandalkan tanam padi sawah, tanam juga umbi-umbian. Hal itu karena hujan tidak turun normal sampai detik ini. Manfaatkan lahan yang tersedia dengan menanam keladi, ubi kayu, ubi jalar, kacang-kacangan dan jagung. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved