Bawaslu NTT Ingatkan ASN di Sembilan Kabupaten Jaga Diri dan Netral

Bawaslu NTT mengingatkan ASN di sembilan kabupaten yang akan melaksanakan pilkada 2020 agar menjaga diri dan netralitas

Bawaslu NTT Ingatkan ASN di Sembilan Kabupaten Jaga Diri dan Netral
POS KUPANG/OBY LEWANMERU
Jemris Fointuna

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) NTT mengingatkan ASN di sembilan kabupaten yang akan melaksanakan pilkada 2020 agar menjaga diri dan netralitas.

ASN diharapkan tidak terpengaruh dengan pihak manapun dan kepentingan apapun.

Hal ini disampaikan Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu NTT, Jemris Foituna, Rabu (5/2/2020).

Ayo Ikut Donor Darah, PLN Siapkan Voucher Token Listrik Bagi Masyarakat

Menurut Jemris, Bawaslu NTT tetap mengingatkan ASN di sembilan kabupaten yang akan menggelar pilkada agar menjaga netralitas selama masa pilkada, serta tidak terlibat politik praktis.

Sembilan kabupaten yang melakukan pilkada 2020 di NTT adalah Kabupaten Belu, TTU ,Malaka, Sabu Raijua, Manggarai, Manggarai Barat, Ngada, Sumba Timur dan Kabupaten Sumba Barat.

"Kami terus ingatkan, karena aturan sudah jelas, bila ada ASN terlibat aktif dan berpolitik praktis,maka ada sanksinya. Sanksinya cukup tegas," kata Jemris.

Pilkades Serentak Tingkatkan Jumlah Pengurusan E-KTP

Dia menjelaskan, Bawaslu akan menindak setiap ASN yg diduga terlibat politik praktis, bahkan telah ada surat edaran dari Mendagri yang pada intinya meminta ASN tetap netral.

"Surat dari Komisi ASN, Menpan RB juga sudah ada. Dalam edaran itu meminta agar ASN netral," katanya.

Dikatakan, sebagai ASN tentu sudah tahu mengenai UU tentang ASN, yakni UU No 5 tahun 2014 , yang mana pada Pasal 2 huruf f jelas menyatakan, bahwa salah satu Asas Penyelenggaraan Kebijakan dan Manajemen ASN adalah "Netralitas".

"Asas Netralitas ini berarti bahwa setiap ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh mana pun dan tidak memihak kepada kepentingan siapa pun," katanya.

ASN juga menurut Jemris, harus menjaga agar tidak terjadi konflik kepentingan dalam melaksanakan tugasnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved