Khazanah Islam

VIDEO: Ini Beda Sedekah Infaq dan Zakat, Cara Infaq & Sedekah yang Benar Menurut Ustadz Adi Hidayat

VIDEO: Ini Beda Sedekah Infaq dan Zakat, Cara Infaq & Sedekah yang Benar Menurut Ustadz Adi Hidayat

VIDEO: Ini Beda Sedekah Infaq dan Zakat, Cara Infaq & Sedekah yang Benar Menurut Ustadz Adi Hidayat

POS-KUPANG.COM -  VIDEO: Ini Beda Sedekah Infaq dan Zakat, Cara Infaq & Sedekah yang Benar Menurut Ustadz Adi Hidayat

Jangan sampai Anda menganggap sedekah dan infaq adalah zakat itu sendiri karena sama-sama memberi atau membelanjakan harta di jalan Allah SWT.

Sudah tahu perbedaan ketiga hal tersebut? perhatikan penjelasan di bawah ini.

Ketiga ibadah tersebut perlu atau wajib dikerjakan sebagaimana diterangkan dalam surat Al-Baqarah ayat 195: Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik” (Q.S. Al-Baqarah 2:195)

Di atas tersebut kalimat “membelanjakan harta dijalan Allah”, istilah tersebut yaitu tiga ibadah yakni : zakat, infak, dan sedekah.

Zakat adalah nama bagi sejumlah harta tertentu yang telah mencapai syarat tertentu yang diwajibkan oleh Allah untuk dikeluarkan dan diberikan kepada yang berhak menerimanya dengan persyaratan tertentu pula, agar harta menjadi suci, bersih, baik, berkah, tumbuh, dan berkembang.

Infak adalah mengeluarkan sebagian dari harta atau pendapatan/ penghasilan untuk suatu kepentingan yang diperintahkan ajaran Islam.

Jika zakat ada nisabnya, maka infak dan sedekah tidak mengenal nisab.

Jika zakat harus diberikan pada mustahik tertentu (8 asnaf), maka infak boleh diberikan kepada siapapun juga, misalnya untuk kedua orangtua, anak yatim, dan sebagainya (Q.S. Al-Baqarah: 215).

Halaman
1234
Editor: maria anitoda
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved