Satgas Yonif R 142/KJ Bekali Siswa dengan Pengetahuan P3K. Lihat Prakteknya

Seorang siswa SMPN di wilayah perbatasan RI-RDTL Sektor Timur mengalami kecelakaan lalu lintas. Korban terjatuh dari sepeda motor dan mengalami l

Satgas Yonif R 142/KJ Bekali Siswa dengan Pengetahuan P3K. Lihat Prakteknya
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Seorang siswa SMPN di wilayah perbatasan RI-RDTL Sektor Timur mengalami kecelakaan lalu lintas. Korban terjatuh dari sepeda motor dan mengalami l 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| BETUN----Seorang siswa SMPN di wilayah perbatasan RI-RDTL Sektor Timur mengalami kecelakaan lalu lintas. Korban terjatuh dari sepeda motor dan mengalami luka luka di bagian kaki.

Warga yang melihat kejadian itu langsung memberikan pertolongan pertama dengan membulut kaki korban dengan kain dan mengevakuasi korban ke fasilitas kesehatan.

Demikian praktek pertolongan pertama yang diperagakan personel Pos Mahen Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ saat memberikan pengetahuan tentang P3K kepada siswa SMPN Loohali di Desa Dualasi, Kecamatan Lasiolat, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Rabu (22/1/2020).

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ, Letkol (Inf) Ikhsanudin, S.Sos.,M.M kepada wartawan mengatakan, personil Pos Mahen memberikan pembekalan tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) kepada siswa-siswi SMPN Loohali.

Personel Pos Mahen berinisiatif menyelenggarakan kegiatan tersebut
berawal dari kejadian kecelakaan tunggal lalu lintas yang dialami oleh salah seorang pelajar. Korban terjatuh dari motor hingga mengalami luka-luka dan korban dibawa ke Pos Mahen untuk mendapat tindakan medis awal.

Dari kejadian itu, Danpos Mahen, Serka Andre Gunawan berkoordinasi dengan sekolah SMPN Loohali untuk diadakan kegiatan pembekalan tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Setelah mendapat persetujuan, personel Pos Mahen yang dipimpin
Serka Andrie Gunawan selaku danpos Mahen melaksanakan kegiatan tersebut di sekolah. Kegiatan dihadiri seluruh siswa dan tenaga pengajar di SMPN Loohali.

Materi yang diberikan adalah cara-cara memberikan pertolongan pertama kepada korban kecelakaan sebagai tindakan awal sebelum korban mendapatkan pertolongan lebih lanjut dari petugas kesehatan ataupun tim medis.

Menurut Ikhsanudin, selain melaksanakan tugas pokok berupa pengamanan wilayah perbatasan RI-RDTL, Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ jugat turut serta dalam membantu wargaasyarakat untuk mendapatkan ilmu pengetahuan tentang kesehatan sehingga diharapkan dapat mendukung setiap langkah program Pemerintah Pusat dan Daerah di bidang kesehatan.

"Kegiatan pembekalan ini merupakan tugas kami berupa Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan (Binter Satnonkowil) dengan koordinasi bersama Satuan Komando Kewilayahan dan Instansi Pemerintah setempat," terang Dansatgas.

Kepala SMPN Loohali, Simon (38) mengucapkan banyak terima kasih atas penyelenggaraan pembekalan P3K dan kepedulian yang telah diberikan oleh personel Pos Mahen Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ.

"Saya sangat bersyukur dan berterima kasih sekali kepada bapak TNI, khususnya Pos Mahen yang telah peduli untuk memberikan pembekalan dan pemahaman tentang P3K kepada anak didik kami," tuturnya.

Sementara itu, Serka Andrie Gunawan selaku Danpos Mahen menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan upaya Pos Mahen dalam memberikan ilmu kesehatan kepada siswa-siswi selaku generasi penerus Bangsa.

"Ilmu kesehatan sangat penting dimiliki oleh setiap siswa-siswi guna mengantisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan bersifat mendesak, khususnya daerah kita yang berada di wilayah perbatasan," ungkapnya. (jen).

Seorang siswa SMPN di wilayah perbatasan RI-RDTL Sektor Timur mengalami kecelakaan lalu lintas. Korban terjatuh dari sepeda motor dan mengalami l
Seorang siswa SMPN di wilayah perbatasan RI-RDTL Sektor Timur mengalami kecelakaan lalu lintas. Korban terjatuh dari sepeda motor dan mengalami l (POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS)
Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved