Kunjungan Jokowi Menandakan Pempus Serius Benahi NTT

Jokowi di Labuan Bajo mau mengatakan kepada pemerintah daerah (provinsi dan kabupaten) bahwa pemerintah pusat serius mengurus daerah ini.

Kunjungan Jokowi Menandakan Pempus Serius Benahi NTT
POS KUPANG/NIA
Dr. Ahmad Atang, MM

Kunjungan Jokowi Menandakan Pempus Serius Benahi NTT

POS KUPANG.COM I KUPANG--Pengamat Politik dari Universitas Muhamadyah Kupang, Dr. Ahmad Atang mengkritisi kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kesekian kalinya datang ke NTT.

Ahmad Atang menilai NTT merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang selalu dikunjungi oleh Jokowi selama periode pertama maupun periode kedua menjadi presiden.

Secara politis, NTT merupakan provinsi yang memiliki daerah perbatasan dengan Negara Timor Leste dan Australia sehingga wajar jika atensi presiden terhadap daerah ini cukup tinggi.

Menurut Atang di Kupang, Minggu (19/1/2019), Presiden ingin memastikan bahwa NTT tidak boleh tertinggal terlalu jauh dengan negara tetangga. Oleh karena itu, upaya untuk mempersempit jurang pemisah tersebut maka pemerintah pusat (Pempus) melalui proyek dan program pembangunan diarahkan ke NTT.

Kunjungan Jokowi kali ini ke Labuan Bajo memperlihatkan bagaimana potensi pariwisata di NTT khususnya di Komodo yang menjadi ikon dunia harus dikelola secara serius. Maka dukungan pemerintah pusat melalui pembangunan infrastruktur pendukung guna menciptakan akselerasi adalah sebuah keharusan.

Dengan demikian, kahadiran Jokowi di Labuan Bajo mau mengatakan kepada pemerintah daerah (provinsi dan kabupaten) bahwa pemerintah pusat serius mengurus daerah ini.

Oleh karena itu, pemerintah daerah harus meresponnya dengan kebijakan yang dapat mendukung upaya yang dilakukan oleh pemerintah pusat.

Deni Yang Tewas di Poco Ranaka Suka Bergaul, Setiap Hari Bekerja di Koperasi

Live Streaming RCTI Lecce vs Inter Milan Liga Italia, Minggu 19/1 Jam 20.50 WIB

Walaupun Komodo merupakan kawasan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat, namun pemerintah daerah tetap mengambil peran strategis sesuai kewenangannya. Berkaitan dgn hal tersebut, maka kunjungan Jokowi harus dimaknai sebagai bentuk dukungan politik dan ekonomi terhadap percepatan pembangunan NTT.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved