Kepala BPMD Sumba Barat, Tidak Semua Desa Harus Bentuk BUMDes

Kepala BPMD Kabupaten Sumba Barat mengatakan tidak semua desa harus bentuk BUMDes

POS-KUPANG.COM/PETRUS PITER
Kepala BPMD SB, Yakobus Jefrison Dapamerang, S P, M.M 

Kepala BPMD Kabupaten Sumba Barat mengatakan tidak semua desa harus bentuk BUMDes

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( BPMD) Kabupaten Sumba Barat, Yakobus Jefrison Dapamerang, S.P, M.M di kantor bupati Sumba Barat, Kamis (16/1/2020) mengatakan, saat ini, pihaknya memprioritaskan pembinaan terhadap badan usaha milik desa ( BUMDes) yang memiliki prospek positip perkembangannya. Minimal menargetkan 10 BUMDes yang memiliki trend usaha terus meningkat.

Karena itu tidak semua desa harus membentuk BUMDes. Sebab pembentukan BUMDes harus sesuai potensi desanya. Misalnya BUMDes Desa Lapale dan Tebara yang bergerak dibidang usaha pariwisata serta Desa Weetanah Gaura yang mengembangkan usaha bisnis padi gogo serta lainnya.

Belasan Truk Ekpedisi Maumere-Surabaya Terkatung-Katung, Kapal Roro Tak Mampu Beli Solar

Saat ini terdapat 10 bahkan lebih BUMDes yang memiliki prospek usaha positip dan terus berada dalam pembinaannya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Yakobus Jefrison Dapamerang, S.P, M.M menyampaikan hal itu di Waikabubak, Kamis (16/1/2020).

Bupati Don Sebut Disipilin ASN di Lingkup Pemda Nagekeo Masih Buruk

Menurutnya, sesuai harapan Gubernur NTT, Viktor Bungtiku Laiskodat, S.H minimal setiap tahun terbentuk 10 BUMDes dengan usaha yang dirintisnya terus berkembang.

Apalah gunanya ramai-ramai membentuk BUMDes tetapi prosoek usaha tidak jelas dan berujung hanya papan namanya. Lebih baik memfokuskan beberapa BUMDes saja tetapi usahanya bagus. Target adalah menjadikan Bundes sebagai sektor penggerak perkembangan ekonomi masyarakat desa.

Dengan demikian, bila suatu saat tidak ada lagi kucuran dana desa, perekonomian masyarakat tetap tumbuh dengan hadirnya BUMDes itu. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved