DPR DKI Sebut Naturalisasi Anies Baswedan Memang Tidak Menggusur, tapi Jakarta Banjir

DPR DKI Sebut Naturalisasi Anies Baswedan Memang Tidak Menggusur, tapi Jakarta Banjir DPR DKI Sebut Naturalisasi Anies Baswedan Memang Tidak Menggusur

DPR DKI Sebut Naturalisasi Anies Baswedan Memang Tidak Menggusur, tapi Jakarta Banjir
Kolase Instagram Anies Baswedan & @jktinfo
Anies Baswedan dan banjir Jakarta 

DPR DKI Sebut Naturalisasi Anies Baswedan Memang Tidak Menggusur, tapi Jakarta Banjir

POS KUPANG.COM JAKARTA -- Banjir hebat yang melanda Jakarta tepat diawal tahun 2020 membuat hampir semua pihak menyelahkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Naturalisasi sunga sebagai program Anies Baswedan mengatasi banjir dengan tidak menggusur tapi menggeser pun disanksikan.

Sebab, Jakarta tetap mengalami banjir. Kini Anies menyebut, masalah banjir yang perlu diatasi adalah mencegah banjir dari selatan masuk ke Jakarta 

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PAN Zita Anjani meminta agar Pemerintah DKI Jakarta menerapkan normalisasi maupun naturalisasi di Jakarta untuk penanganan banjir.

Menurut dia, masing-masing program ini punya kekurangan dan kelebihan. Untuk normalisasi memang harus ada konsekuensi pembebasan lahan.

Ramalan Zodiak Hari Ini, Kamis 9 Januari 2020: Gemini Dapat Pujian, Hari yang Menyenangkan Libra

22 Rudal Iran Mubazir, Tak Ada Pasukan Amerika yang Tewas, Ini Kehebatan AS Lolos dari Serangan

Tim Temukan Racun pada Jasad Mantan Istri Sule saat Diautopsi , Ungkap Kematian Ibu Rezky Febian

"Kalau dinormalisasi versi gubernur yang dahulu, itu memang ada penggusuran warga enggak happy. Kalau sekarang naturalisasi pak Anies memang tidak menggusur, tapi banjir. Ini dua sisi mata poin. Kita harus melakukan hybrid ada sungai yang perlu dinormalisasi dan ada sungai yang perlu dinaturalisasi," kata Zita usai FGD dengan tema Banjir 2020, apa solusimu, di lantai 9, Gedung DPRD DKI, Kamis (9/1/2020).

Normalisasi dikerjakan dengan menggunakan beton, sedangkan naturalisasi mengembalikan ke keadaan sungai yang alamiah.

Sebuah mobil di Jakarta terendam banjir
Sebuah mobil di Jakarta terendam banjir (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Zita mengaku menyelenggarakan focus group discussion dengan berbagai komunitas lingkungan agar bisa menjadi acuan bagi Pemprov DKI dalam menerapkan normalisasi maupun naturalisasi.

"Saya akan buat dari Dewan kita bikin pappernya, kita akan kasih ke pak gubernur. Mungkin akan kita publish juga agar Pak Jokowi bisa baca," tuturnya.

Anies Baswedan mengatakan Pemprov DKI Jakarta akan mendukung program pelebaran sungai yang dikerjakan Kementerian PUPR.

Pemprov DKI akan mendukung program tersebut dengan konsep apa pun, baik normalisasi maupun naturalisasi sungai.

Anies menyatakan sudah berkomunikasi dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono terkait pelebaran sungai di Jakarta. Anies dan Basuki akan saling membantu.

"Beliau (Basuki) juga menyampaikan mana-mana yang mau naturalisasi, kami (Pemprov DKI) bantu, mana-mana yang normalisasi, kami bantu. Jadi enggak ada itu yang namanya dikonflikkan di kami," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wakil Ketua DPRD F-PAN: Naturalisasi Pak Anies Memang Tidak Menggusur, tapi Banjir",

Editor: Alfred Dama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved