100 Atlet Silat Ikut Kejurda Di Ende

100 orang atlet silat dari tiga kabupaten yakni Kabupaten Ende, Nagekeo dan Manggarai mengikuti kejuaraan daerah ( Kejurda) memperebutkan piala

100 Atlet Silat Ikut Kejurda Di Ende
POS KUPANG/ROMOALDUS PIUS
Ketua Pengda IPSI Kabupaten Ende menyerahkan piala. 

100 Atlet Silat Ikut Kejurda Di Ende

POS KUPANG.COM|ENDE--100 orang atlet silat dari tiga kabupaten yakni Kabupaten Ende, Nagekeo dan Manggarai mengikuti kejuaraan daerah ( Kejurda) memperebutkan piala bergilir Bupati Ende.

Kejurda ini digelar oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) kabupaten Ende di gedung Imaculata Ende sejak Sabtu ( 28/12/2019) hingga Senin (30/12/2019) berlangsung di Gedung Imaculata, Kota Ende.

Kejuaraan diawali dengan buka gelanggang yang dilakukan oleh guru besar selewang pukul Kabupaten Ende, Ali Ahad dan penyerahan piala bergilir dari Pemerintah Kabupaten Ende kepada pengurus IPSI kabupaten Ende dan dari IPSI kepada ketua pertandingan untuk diperebutkan.

Ketua IPSI Kabupaten Ende, Yustinus Sani mengatakan bahwa kejurda ini diikuti oleh 100 orang atlit dari beberapa perguruan dari tiga kabupaten.

Dikatakan Kejurda silat ini diikuti atlit dari kategori pelajar tingkat SD, SMP dan SMA memperebutkan Piala Bupati Ende.

Yustinus Sani mengatakan kejuaraan silat ini IPSI kabupaten Ende mencari bibit atlit silat di daerah ini untuk disiapkan pada iven yang lebih tinggi seperti porda dan O2SN.

Yustinus Sani mengatakan bahwa ajang ini merupakan ajang pencarian bibit yang efektif karena seluruh atlit dari berbagai perguruan turun pada kejuaraan tersebut.

Menurut Yustinus kejuaraan itu diadakan untuk mencari bibit silat di Ende dan kabupaten sedaratan Flores untuk porda dan O2SN.

Kejurda ini juga akan menjadi ajang rutin bagi IPSI kabupaten Ende,ujar Yustinus.

Bupati Ende, Djafar Achmad dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Bidang ( Kabid) Olah Raga Dinas Pemuda dan Olah Raga, Abdul Hamid mengatakan bahwa pemerintah mendukung dan mengapresiasi IPSI kabupaten Ende yang melaksanakan Kejurda.

Bupati Ende menambahkan bahwa cabang olah raga ini sangat penting karena telah memperkenalkan kabupaten Ende di daerah lain.

Bupati Djafar mengatakan sesuai data atlit silat Ende selama ini telah meraih prestasi mengagumkan baik di tingkat kabupaten, regional maupun nasional. Oleh karena itu pemerintah terus mendukung kejuaraan yang ada.

Pilkada Ngada 2020, KPU Ngada Intens Koordinasi dengan Operator Balon Independen

Forkoma PMKRI Regio Timor Gelar Ret-Ret dan Fraternitas Lintas Generasi di TTU

Bupati Ende mengatakan bahwa pemerintah juga mengakui bahwa selama ini belum memberikan perhatian dalam bentuk sarana dan prasarana untuk mendukung cabang olah raga ini. Dikatakanya bahwa kedepanya pemerintah akan berupaya semaksimal mungkin untuk mendukung kemajuan cabang olahraga silat.

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved