Mgr. Edwaldus: Uskup Maumere Hadir Beri Keyakinan Petani

Kata Mgr. Edwaldus Martinus Sedu: Uskup Maumere hadir memberi keyakinan petani kakao

Mgr. Edwaldus: Uskup Maumere Hadir Beri Keyakinan Petani
POS-KUPANG.COM/Eginius Mo'a
Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo (seragam Korpri) menyerahkan premi program sertifikasi UTZ periode Mei-September 2019 dari PT Cargill Indonesia kepada perwakilan petani kakao, Selasa (17/12/2019) di Gudang 69, Wolombetan, Kelurahan Nangalimang, Kecamatan Alok, Kota Maumere, Pulau Flores. 

Kata Mgr. Edwaldus Martinus Sedu: Uskup Maumere hadir memberi keyakinan petani kakao

POS-KUPANG.COM | MAUMERE - Uskup Maumere, Mgr. Edwaldus Martinus Sedu, mengatakan kehadiranya bersama Uskup (emeritus) Mgr. Gerulfus Kherubim Parera, SVD, dalam penyerahan premi program sertifikasi UTZ dari PT Cargill Indonesia untuk meyakinkan petani kakao di Sikka.

Mgr. Edwaldus menegaskan, dukung gereja atas kerjasama yang dilakukan PT Cargill dan Gudang 69 dengan petani dan Pemda Sikka bagi kesejahteraan petani. Kerjasama pembelian kakao, kata Mgr.Edwaldus, menjadi bagian dari tujuh program strategis Keuskupan Maumere.

Ratusan Petani Kakao di Sikka Terima Bonus Penjualan Kakao Program UTZ

"Kehadiran kami memberikan keyakinan kepada petani bahwa apa yang dilakukan ini baik dan dilanjutkan lagi. Ada jaminan bagi petani mendapatkan harga kakao yang bagus. Mereka tidak mungkin kianati kami, karena petani akan murka," ujar Mgr. Edwaldus.

Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, mengakui serttifikasi UTZ telah menghasilkan kualitas kakao yang bagus berdampak pada harga yang bagus dan kesejahteraan para petani.

Roby, sapaan Fransiskus Roberto Diogo, menyampaikan terima kasih dan memuji PT Cargill dan Gudang 69 yang menjalin mitra dengan petani kakao di Sikka.

Wah, Aturan Cuti PNS Ini Bikin Nyaman, Kenapa?

Ia juga mengajak gereja terus bergandengan tangan dengan pemerintah bersama-sama mengurus masyarakat Sikka mendapatkan harga komoditas yang lebih pasti.

"Perusahaan tetapkan harga yang bagus, perusahaan untung, petani juga untung. Tapi jangan ambil untung terlalu besar," pinta Roby.

Ia minta perusahaan terus memberi pendampingan dan penguatan kepada petani kakao di Sikka, sehingga tanamannya lebih menghasilkan dengan kualitas yang bagus.

Hari ini, ratusan petani di Sikka menyaksikan penyerahan premi program sertifikasi UTZ periode Mei-September 2019 dari PT Cargill Indonesia dan cerificate holder di Sikka dan Ende. Total premi diterima Rp 65.052.800 dari volume biji penjualan sebanyak 57.927 kg dilakukan di Gudang 69 Wolonbetan, Maumere. (laporan wartawan pos-kupang.com, eginius mo'a).

pos-kupang.com/eginius mo'a

Uskup (emeritus), Mgr. Gerulfus Kherubim Parera, SVD, Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, Ibu Elen, Uskup Maumere, Mgr.Edwaldus Martinus Sedu, pemilik Gudang 69, Roy Andinata, dan Perwakilan PT Cargill, Piter Sutardji, dalam penyerahan premi program sertifikasi UTZ, Selasa (17/12/2019) di Gudang 69, Wolombetan, Kelurahan Nangalimang, Kecamatan Alok, Kota Maumere, Pulau Flores. (

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved