BPTD Wilayah XIII NTT Gelar Ramcek Terhadap KMP di NTT

hal yang diperiksa juga seperti mercusuar, Inflatable Life Raft (ILR) atau sekoci penyelamat penumpang dan lainnya.

BPTD Wilayah XIII NTT Gelar Ramcek Terhadap KMP di NTT
POS KUPANG/ISTIMEWA
Pihak Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XIII Provinsi NTT melakukan Ramcek atau pengecekan terhadap fasilitas dan sarana prasarana di salah satu Kapal Motor Penyeberangan (KMP) di Pelabuhan Bolok. 

BPTD Wilayah XIII NTT Gelar Ramcek Terhadap KMP di NTT

POS-KUPANG.COM|KUPANG --Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XIII Provinsi NTT melakukan Ramcek atau pengecekan terhadap fasilitas dan sarana prasarana di Kapal Motor Penyeberangan (KMP) di NTT.

Upaya ini dilakukan agar memastikan semua armada dan fasilitas KMP nyaman dan aman dalam melakukan pelayanan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Hal ini disampaikan Kepala BPTD Wilayah XIII Provinsi NTT, I Ketut Suhartana, S.SiT, M.T melalui Kepala Seksi Sarana Prasarana ASDP, Saeful Jihad , ST, M.Sc.M.Eng kepada POS-KUPANG.COM , Jumat (6/12/2019).

Menurut Saeful, ramcek yang dilakukan itu juga merupakan instruksi langsung dari Dirjen Perhubungan Darat, agar memastikan keselamatan angkutan penyeberangan di wilayah NTT.

"Jadi kami dapat instruksi langsung dari bapak Dirjen Perhubungan Darat terkait keselamatan angkutan penyeberangan. Kegiatan ini beraifat nasional," kata Saeful.

Dijelaskan, instruksi itu bertujuan agar BPTD Wilayah XIII NTT memastikan keselamatan, keamanan penyeberangan di seluruh NTT. Karena itu lanjutnya, BPTD Wilayah XIII NTT melakukan ramcek di beberapa wilayah , yakni di Pelabuhan Penyeberangan Bolok, Kalabahi dan Pelabuhan Penyeberangan Labuan Bajo.

"Pelabuhan Penyeberangan Bolok ini salah satu pelabuhan yang merupakan pusat dari semua penyeberangan di wilayah NTT.

Karena itu kami melakukan pemeriksaan sarana prasarana di kapal seperti radio, navigasi, permesinan," katanya.

Hal lain yang tidak kalah penting, lanjutnya, yaitu soal fasilitas keselamatan di kapal seperti jaket keselamatan (life jaket), apakah jumlahnya sesuai dengan jumlah penumpang atau tidak.

Selain itu, hal yang diperiksa juga seperti mercusuar, Inflatable Life Raft (ILR) atau sekoci penyelamat penumpang dan lainnya.

Halaman
12
Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved