SMK Pelayaran Kupang Lantik 50 Calon Taruna-Taruni, Viktor Laiskodat Beberkan Kekayaan Laut NTT

Lembaga SMK Pelayaran Kupang lantik 50 calon taruna-taruni, Viktor Laiskodat beberkan Kekayaan Laut NTT

SMK Pelayaran Kupang Lantik 50 Calon Taruna-Taruni, Viktor Laiskodat Beberkan Kekayaan Laut NTT
POS-KUPANG.COM/LAUS MARKUS GOTI.
Kadis Pendikan Provinsi NTT Benyamin Lola bersama Taruna/i SMK Pelayaran Kupang di halaman sekolah tersebut, Jumat (6/12/2019). 

Lembaga SMK Pelayaran Kupang lantik 50 calon taruna-taruni, Viktor Laiskodat beberkan Kekayaan Laut NTT

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Pihak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pelayaran Kupang melantik sebanyak 50 calon Taruna/i menjadi Taruna/i. Pelantikan berlangsung di halaman SMK Pelayaran Kupang, Lasiana, Kota Kupang, Jumat (6/12/2019).

Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat memberi apresiasi kepada SMK Pelayaran Kupang karena ikut membangun bidang kelautan dan perikanan melalui peningkatan sumber daya manusia.

GMNI Ultimatum Pemda Ende Segera Selesaikan Masalah GTT

Gubernur Viktor juga membeberkan potensi kekayaan Kelautan dan perikanan di Provinsi NTT. Ia meminta agar para taruna/i tidak berorientasi menjadi PNS tetapi berpikir dan bekerja bagaimana mengelola kekayaan laut di NTT.

Pesan Gubernur itu dibacakan oleh Kadis Pendikan Provinsi NTT, Benyamin Lola usai pelantikan Taruna/i.

Perbup Pedoman Pengelolaan Dana Jampersal Sudah di Tangan Manajemen RSUD SoE

Benyamin katakan, Gubernur Viktor berpesan agar para taruna/i menggunakan kesempatan menimba ilmu dengan sebaik-baiknya sehingga kelak bisa berguna bagi orangtua, masyarakat, bangsa dan negara.

Dikatakan, Provinsi NTT merupakan daerah kepulauan dengan luas wilayah 47.349,90 km persegi, yang terdiri 192 pulau, empat puluh dua (42) pulau yang berpenghuni, sedangkan sisanya belum dihuni dan dijadikan tempat transit oleh nelayan. Sementara luas daratan hanya mencapai 19,14% dari keseluruhan luas wilayah Provinsi NTT.

Lanjut Benyamin, luas perairan laut 200.000 km(80%), dengan garis pantai nya sepanjang 5700 km. Sepanjang perairan Pantai Utara Nusa Tenggara
Timur dicirikan dengan paparan benua (continental shel), yang luas
dengan sub strat dominan berupa lumpur dan pasir, yang ditumbuhi hutan
Mangrove dan terumbu karang, serta terdapat teluk yang terindung. Pada perairan lepas pantai, terdapat tebing benua (continental slope) yang curam dan laut yang dalam.

Potensi lestari sumber daya laut Nusa lenggara Timur sebesar 491.700 ton/tahun, dengan jumlah hasil tangkapan yang diperbolehkan 80% atau 393.360ton/tahun dan baru dimanfaatkan 123.765 ton/tahun (31,5%).

Dijelaskan, panjang garis pantai 5700 km, yang merupakan daerah budidaya sepert udang, teripang, rumput laut
ikan karang lainnya, hingga kini jumlah yang hopakanmput laut, mutara, keping tetapi baru dimantaatkan 5,85 %.

Benyamin katakan, menurut Gubernur Viktor, dilihat dari tingkat pemanfaatan yang baru 5,85 % menunjukan masih rendahnya sumber daya manusia di bidang kelautan dan perikanan baik pengetahuan maupun keterampilan.

Dengan hadirnya SMK Pelayaran Kupang ini, lanjut Benyamin, memberikan jawaban atas permasalahan sumber daya mmanusia di bidang kelautan dan perikanan di NTT.

Dikatakannya, pendidikan di SMK Pelayaran sifatnya vokasi, dimana banyak prakteknya dari pada teorinya.

"Hal ini juga tepat, karena untuk mengejar ketertinggalan memang dibutuhkan orang yang siap bekerja dan menghasilkan produk. Sudah banyak sekolah-sekolah yang menghasilkan lulusan yang hanya sekedar tahu tetapi tidak banyak berbuat," ungkapnya.

Kepala SMK Pelayaran Kupang, Benyamin Apelabi, kepada POS-KUPANG.COM mengatakan, pihaknya bersyukur atas pelantikan tersebut dan berkomitmen menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved