Gangguan Jiwa, Kakak Beradik Dipasung Selama 15 Tahun, Begini Kondisi Mereka Sekarang

Alami gangguan jiwa, kakak beradik dipasung selama 15 tahun, begini kondisi mereka sekarang

Gangguan Jiwa, Kakak Beradik Dipasung Selama 15 Tahun, Begini Kondisi Mereka Sekarang
KOMPAS.com/Muh. Amran Amir
Saldi hanya bisa telungkup karena gangguan jiwa dan kondisinya kini lemas setelah bertahun tahun dipasung, di rumahnya di Desa Lare-lare, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. 

Alami gangguan jiwa, kakak beradik dipasung selama 15 tahun, begini kondisi mereka sekarang

POS-KUPANG.COM | LUWU - Ironis, nasib yang dialami keluarga Abdul Salam (81) dan istrinya, Halima (60), warga Desa Lare-Lare, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Dua anak mereka, Anita (34) dan Saldi (31) dipasung karena menderita gangguan jiwa.

Anita mengalami gangguan jiwa sejak tahun 2003, yang diawali dengan demam tinggi. Abduld dan Halima sempat membawa Anita ke rumah sakit. Namun, karena keterbatasan biaya tidak memungkinkan untuk merawat Anita berlama-lama di rumah sakit.

Terkuak, Mahfud Sebut Rizieq Shihab Tak Pernah Laporkan Masalahnya kepada Pemerintah Indonesia

"Waktu kami bawa berobat ke rumah sakit, kami terpaksa mengutang dulu demi membiayai pengobatannya. Waktu itu tidak ada perubahan pada dirinya. Namun, karena keterbatasan biaya, kami terpaksa harus keluarkan dari rumah sakit," kata Abdul Salam, saat ditemu di rumahnya, Kamis (28/11/2019).

Karena tak kunjung membaik, keluarga membawa Anita ke dokter ahli syaraf. Anita diberikan obat, tapi Anita tidak mau meminumnya.

Tunjuk Ahok Jadi Komut Pertamina, Erick Thohir Disorot, Bagaimana Jonan, Susi dan Rudiantara?

Hal itu membuat kondisi Anita semakin memburuk, hingga akhirnya keluarga memutuskan memasung Anita selama bertahun-tahun.

"Kondisinya semakin jadi, bahkan sering mengamuk, sehingga kami sempat memasungnya selama 15 tahun lebih dan baru sekitar enam bulan ini kami lepas dari pasungan karena kondisi fisiknya kini lemah dan hanya hanya bisa berbaring saja," ucap Salam.

Selain Anita, anak mereka lainnya, Saldi juga mengalami hal serupa. Saldi mengalami gangguan jiwa pada umur 24 tahun. Keluarga kemudian memasung Saldi selama tujuh tahun karena kerap mengamuk.

Padahal, sebelumnya Saldi sempat bekerja di sebuah perusahaan untuk menghidupi keluarganya. (Kompas.com/Amran Amir)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Selama 15 Tahun Kakak Beradik di Sulsel Dipasung karena Menderita Gangguan Jiwa",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved