Pemda dan DPRD Harus Punya Komitmen yang Sama

Pengamat Ekonomi Regional, Dr. James Adam memberikan analisis terkait rencana penyisiran aturan yang menghambat investasi.

Pemda dan DPRD Harus Punya Komitmen yang Sama
PK/IRA
Doktor James Adam 

Pemda dan DPRD Harus Punya Komitmen yang Sama

POS KUPANG.COM I KUPANG---Pengamat Ekonomi Regional, Dr. James Adam memberikan analisis terkait rencana penyisiran aturan yang menghambat investasi.

Dalam pandangan saya, rencana Presiden Jokowi  akan menyisir aturan yang menghambat investasi di Indonesia, merupakan hal yang baik. Kondisi selama ini memang demikian bahwa iklim seperti itu banyak ditemukan di daerah.

Lalu apa langkah pemda kabupaten/kota dan Pemprov NTT, untuk mempercepat penghapusan aturan yang menghambat itu, menurut saya, kuncinya pada komitmen bersama antara pemerintah dan DPRD. Pemerintah menyiapkan regulasi dibawa ke Dewan dibahas bersama. Tidak bisa menyalahkan pemerintah karena produknya dihasilkan bersama.

Apalah artinya, pemda berusaha memangkas aturan sementara Dewan masa bodoh. Selama ini yang terjadi sistem  birokrasinya panjang, regulasinya bertele-tele maka Presiden instruksikan regulasi investasi sekitar 70 lebih yang dipotong, itu tentu sangat diharapkan para investor.

Hal yang paling penting sekarang,  beberapa faktor pendukung perlu juga menjadi perhatian pemda.  disiapkan dengan  baik oleh pemda. Saya dimana--mana selalu menyampaikan bahwa persoalan mendasar kita yang selama ini terjadi yakni, kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM).

Apakah warga  sudah siap menerima investor yang akan membawa perubahan. Bagaimana soal lahan apakah tidak  ada masalah. Pemda dan DPRD hendaknya tidak menciptakan birokrasi yang panjang.

Investor harus diberi ruang yang cukup oleh pemda agar mereka dapat berimprovisasi dalam usahanya yang cepat berkembang. Selama ini yang kita lihat,  cukup banyak investor yang cenderung tidak  berminat untuk iinvestasi di NTT karena persoalan seperti bertele-telenya aturan tersebut.

Kuncinya sekarang bagaimana pemda dan DPRD menyederhanakan regulasi. Regulasi yang kurang bermanfaat ditertibkan. Hal ini penting agar investor tidak lagi datanf hanya sampai pada tahap studi kelayakan bisnis saja lalu pergi menghilang begitu saja.

Kapten Tim Maung Bandung Lakukan Gol Bunuh Diri, Ini Pemicunya, Siap Terima Hujatan Bobotoh, Info

Pemangkasan Regulasi Investasi Sudah Layak Dilakukan

Saya pernah sampaikan bahwa jika kita periksa data statistik, investor yang masuk ke NTT cukup banyak. Tapi apa hasil yang kita lihat di lapangan. bahwa  jumlah investor lumayan banyak. Mari kita dukung rencana presiden ini dengan rasa optimis, tapi pemda dan dewan di daerah juga punya komitmen bersama pula.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved