Pelabuhan Laut Lewoleba Akan Dikelola Kementerian Perhubungan RI

Pemda Lembata menurutnya tidak memiliki kemampuan keuangan yang cukup untuk bisa merevitalisasi pelabuhan ini.

Pelabuhan Laut Lewoleba Akan Dikelola Kementerian Perhubungan RI
POS KUPANG/RICARDUS WAWO
Fasilitas Pelabuhan Laut Lewoleba yang rusak belum juga diperbaiki oleh Pemda Lembata. Gambar diabadikan Senin (18/19/2019). 

Pelabuhan Laut Lewoleba Akan Dikelola Kementerian Perhubungan RI

POS-KUPANG.COM|LEWOLEBA-- Pemerintah Kabupaten Lembata berencana akan menyerahkan pengelolaan Pelabuhan Laut Lewoleba ke Kementerian Perhubungan Indonesia.

Namun Pemkab Lembata nanti akan dilihat bagian mana yang dikelola kementerian dan mana yang dikelola oleh pemerintah daerah. 

"Tapi kita lihat yang mana bisa jadi aset dan punya potensi untuk kita. Kita tidak diserahkan semua. Jadi laut kita kasi ke kementerian dan daratnya kita yang urus," ungkap Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur di Gedung DPRD Lembata, Senin (18/11/2019)

Pembicaraan penyerahan pengelolaan Pelabunan Laut Lewoleba dan Pelabuhan Feri ke Kementerian Perhubungan ini sudah dilakukan sejak tahun 2018. 

"Mungkin Pelabuhan Feri yang duluan kita serahkan."

Pemerintah juga berencana menjadikan Pelabuhan Jeti sebagai dermaga untuk bongkar muat Bahan Bakar Minyak (BBM). 

"Ini kita akan lihat kelayakan sandar dia, kelayakan lain dan kontribusi untuk daerah supaya ada pendapatan daerah. Itu kan sudah bicara bisnis. Bukan pelayanan lagi karena harga tetap satu harga. Kita bicara bisnis, jangan bicara dari pemerintah dan bisnis. Tidak nyambung. Pemerintah kan bicara melayani orang, tapi mereka (pengusaha) bisnis, mereka bisa beli kapal lagi dari uang dari Lembata yang masuk," tegas Bupati Sunur.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kabupaten Lembata diminta untuk menyerahkan pengelolaan pelabuhan laut Lewoleba kepada pihak Syahbandar Lewoleba.

Masalahnya, di bawah pengelolaan Pemda Lembata, kondisi fasilitas pelabuhan laut ini sangat buruk dan memprihatinkan.

Halaman
123
Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved