57 ASN Di Ende Ikut Uji Kompetensi Rebut 11 Jabatan Eselon II

Sebanyak 57 orang ASN di Lingkup Pemkab Ende mengikuti uji kompetensi guna merebut 11 jabatan eselon II

57 ASN Di Ende Ikut Uji Kompetensi Rebut 11 Jabatan Eselon II
POS KUPANG/ROMOALDUS PIUS
Sekda Kabupaten Ende, Dr dr Agustinus G Ngasu, M.Kes 

57 ASN Di Ende Ikut Uji Kompetensi Rebut 11 Jabatan Eselon II

POS-KUPANG.COM|ENDE--Sebanyak 57 orang ASN di Lingkup Pemkab Ende mengikuti uji kompetensi guna merebut 11 jabatan eselon II dalam Lingkup Pemkab Ende yang saat ini ada yang lowong dan juga ada pejabat eselon II yang akan memasuki masa pensiun.

Sekda Kabupaten Ende, Dr dr Agustinus G Ngasu, M.Kes mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, Senin (17/11/2019) di Ende.

Menurut dr Agustinus terkait dengan uji kompetensi itu sebelumnya tercatat ada 61 orang yang mendaftarkan diri namun demikian dari jumlah yang ada 57 orang yang ikut serta dari 57 orang yang ikut ada 33 orang yang dinyatakan lolos pada tahap penentuan terakhir.

“Nantinya dari 33 orang yang lolos itu berhak untuk menduduki 11 jabatan eselon II yang saat ini sedang lowong maupun untuk mengisi jabatan apabila ada pejabat yang akan memasuki masa pensiun,”kata Agustinus.

Menurut Agustinus pada tahun 2020 mendatang akan ada beberapa pejabat yang memasuki masa pensiun maka perlu dipersiapkan mulai sekarang guna mengisi jabatan yang lowong tersebut.

Dikatakan dasar hukum pelaksanaan uji kompetensi berdasarkan UU No 5/2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah No 11/2017 tentang managemen PNS dan Peraturan Kepala BKN Nomor 23/2011 tentang pedoman penilaian kompetensi PNS.

Uji kompetensi meliputi komptensi tehknis dan kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural.

Agustinus mengatakan bahwa pelaksanaan uji kompetensi bagi Pemda Ende sudah dilakukan dua kali dan kali ini yang ketiga.

Dengan ada uji kompetensi tersebut panitia seleksi bisa melihat kemampuan seorang calon pejabat untuk memegang jabatan yang akan dipercayakan kepadanya.

“Nantinya pejabat eselon yang dihasilkan adalah mereka yang memang memiliki kemampuan manajerial dan kepemimpinan sehingga dinas atau badan yang dia pimpin nantinya benar-benar berkualitas,”kata Agustinus.

33 orang akan mengisi jabatan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Perhubungan juga Dinas Pemuda dan Olahraga serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil juga Dinas Perumahan serta Staf Ahli Bupati Ende dan BKD serta Kesbangpolinmas dan Bapeda serta Nakertrans dan Dinas Ketahanan Pangan.

Tentang nasib 33 calon pejabat eselon II yang ada, Agustinus mengatakan bahwa nama-nama mereka akan dikirim ke Komisi ASN di Jakarta.

Komisi ASN selanjutnya memeriksa dan apabila dalam pemeriksaan tersebut Komisi ASN mendapati bahwa pelaksanaan seleksi tidak sesuai maka Komisi ASN akan meminta kepada panitia seleksi untuk mengirimkan berkas-berkas terkait proses seleksi guna diteliti.

Namun apabila telah sesuai maka Komisi ASN akan merekomendasikan nama-nama calon pejabat eselon II kepada Bupati Enda dan Bupati Ende yang akan menentukan siapa yang akan dipilih menjadi pejabat eselon II sesuai dengan 33 nama yang telah ada.

Ramalan ZODIAK MINGGUAN 17-23 November:Taurus Waspadai Stres, Gemini Penuh Cinta, Virgo Bertengkar

Renungan Harian Kristen Protestan, Senin, 19 November : Rahasia Keberhasilan

“Bupati mau lingkar siapa dari 33 nama yang ada sudah menjadi kewenangan Bupati,”katanya. (Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved