Ketua RT di Kota Kupang Diminta Berperan Aktif Jaga Keamanan dan Ketertiban

Para Ketua RT di Kota Kupang diminta berperan aktif jaga keamanan dan ketertiban

Ketua RT di Kota Kupang Diminta Berperan Aktif Jaga Keamanan dan Ketertiban
POS-KUPANG.COM/LAUS MARKUS GOTI.
Sosialisasi Pengendalian Keamanan Lingkungan (PKL) di Aula Sasando Kantor Wali Kota Kupang, Selasa (12/11/2019). 

Para Ketua RT di Kota Kupang diminta berperan aktif jaga keamanan dan ketertiban

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Para ketua RT di Kota Kupang diminta oleh Pemkot Kupang untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya masing-masing.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Wali Kota Kupang, Herman Man dalam sambutannya, kegiatan Sosialisasi Pengendalian Keamanan Lingkungan (PKL) di Aula Sasando Kantor Wali Kota Kupang, Selasa (12/11/2019).

Ketua DPC PDIP Frengky Saunoah Daftar Sebagai Balon Bupati TTU di DPD PAN TTU

Sosialisasi tersebut diselenggarakan oleh Pemkot Kupang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Kupang, dengan tema "Optimalisasi Peran Ketua RT dalam mewujudkan keamanan dan kenyamanan lingkungan di Kota Kupang".

Sosialisasi dihadiri 100 orang perwakilan/ketua RT dari 51 Kelurahan. Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan Kapolres Kupang Kota, Kasat Binmas Polres Kupang Kota, Iptu Rio Putrayanto Siahaan, SIK, Kepala Badan Kesbangpol Kota Kupang, Noce Nus Loa Sekretaris Badan Kesbangpol, Jemy Didok.

Pilkada Belu 2020: Willy Lay Daftar di PAN Berpasangan dengan Ose Luan

Herman jelaskan, ketua RT merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah untuk menjalankan tugas pokok pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,.

"Misalnya pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan pengurusan domisili maupun pengurusan izin membangun bangunan (IMB)," katanya.

Melalui sosialisasi tersebut Herman berharap peserta sosialisasi dapat membantu Pemkot Kupang bersama-sama menjaga dan memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Herman tegaskan, keamanan dan ketertiban dimaksud sehubungan dengan penanganan radikalisme dan terorisme. Tujuannya, penyelenggaraan kegiatan pembangunan di segala bidang kehidupan dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Sekretaris Badan Kesbangpol, Maxi Jemy Didok, selaku Panitia Pelaksana melaporkan, kegiatan sosialisasi PKL merupakan implementasi tugas dan kewajiban Pemerintah Daerah dalam menciptakan keamanan dan ketentraman yang kondusif bagi masyarakat.

"Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan tingkat kesadaran, kepedulian dan kemampuan masyarakat yang tinggi untuk menjaga keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat di lingkungan masing-masing karena menjaga kamtramtibmas bukan hanya merupakan tugas Pemerintah dan aparat Keamanan saja melainkan tugas kita bersama," kata dia.

Lanjutnya, sosialisasi tersebut bertujuan memberikan pemahaman kepada peserta bahwa upaya meningkatkan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat adalah tanggung jawab bersama baik pemerintah daerah, aparat keamanan dan masyarakat.

"Ini kita lakukan untuk meningkatkan kerjasama para Ketua RT dengan pemerintah daerah dan aparat keamanan dalam menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan; serta untuk mengoptimalkan Bhabinkamtibnas dan Polmas di setiap kelurahan," ungkapnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved