Jembatan Nunsono Terancam Ambruk, Warga Amfoang Cemas

Jembatan di Nunsono, Amfoang, Kabupaten Kupang saat ini terancam ambruk.

Jembatan Nunsono  Terancam Ambruk, Warga Amfoang Cemas
Dok. Paul Elliek
Kondisi Jembatan di Nunsono, Amfoang, Kabupaten Kupang yang terancam ambruk. 

Jembatan Nunsono  Terancam Ambruk,   Warga Amfoang Cemas

POS KUPANG.COM I OELAMASI--Jembatan di Nunsono, Amfoang, Kabupaten Kupang saat ini terancam ambruk.

Warga setempat selama ini berulang kali secara swadaya memperbaiki dengan fasilitas seadanya agar bisa dilewati kendaraan. Namun tidak bertahan lama karena kendaraan bertonase besar setiap waktu melintas di jembatan ini.

Salah satu warga Amfoang, Paul Elliek ketika dihubungi POS KUPANG.COM, Senin (11/11/2019) membenarkan perihal kerusakan Jembatan Nunsono.

Paul menuturkan, para warga di Nunsono  sudah berulang kali swadaya memperbaiki dengan menambal permukaan jembatan yang terbuat dari kayu itu

. Namun, akhir-akhir ini kendaraan yang lewat banyak membawa alat-alat  berat sehingga jembatan Nunsono yang sudah keropos semakin parah.

"Kami masyarakat di Amfoang buat swadaya agar bisa dilewati kendaraan roda dua. Tapi memang agak setengah mati karena sambungan gelagar bajanya banyak yang sudah lepas," tutur Paul.

Dia mengakui sering terjadi ban kendaraan tergelincir ke cela-cela lubang kayu yang terbentang di jembatan dan dibantu secara gotong royong agar kendaraan tidak sampai terjungkal ke jurang.

"Kalau saya tidak keliru itu jembatan kayaknya dulu dikerjakan PU Provinsi. Sekarang ini kalau sudah rusak maka kita gunakan alan alternatif. Ya ikut pesisir laut yang berpasir tebal. Bisa dilewati jika laut surut. Jika laut pasang, ya mesti menunggu," tambah Paul.

Menurut Paul, sudah bertahun-tahun masyarakat menggunakan jembatan Nunsono dengan kondisi riskan seperti ini. Dia berharap semoga pemerintah berkenan memperhatikan dan mengupayakan perbaikan jembatan ini.

BREAKING NEWS : Pengendara Motor Tabrak Regina Hingga Tewas di Ruas Jalan Borong-Wae Lengga

Jangan Lewatkan Konser Jodie Idol Malam Ini di Hotel Cahaya Bapa Galang

"Kondisi jembatan Nunsono papannya hanya disusun begitu saja tanpa baut pengikat. Jika hari hujan dan lembab papan licin dan dapat bergeser bila dijajaki ban," kata Paul.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved