Mahasiswa Undana Kupang Studi Lapangan ke Sekolah Alam di Desa Manusak

Puluhan Mahasiswa Undana Kupang Studi lapangan ke sekolah alam di Desa Manusak

Mahasiswa Undana Kupang Studi Lapangan ke Sekolah Alam di Desa Manusak
POS-KUPANG.COM/Foto Dok Yahya Ado
Mahasiswa Pendididikan Guru PAUD Universitas Negeri Nusa Cendana (Undana), Kupang ketika melakukan outbond di Desa Manusak, Rabu (6/11/2019) 

Puluhan Mahasiswa Undana Kupang Studi lapangan ke sekolah alam di Desa Manusak

POS-KUPANG.COM | OELAMASI - Sebanyak 30 mahasiswa Pendididikan Guru PAUD (Pendidikan Guru Pengembangan Anak Usia Dini) Universitas Negeri Nusa Cendana (Undana), Kupang melakukan studi lapangan ke Sekolah Alam di Desa Manusak, Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang.

Kegiatan para mahasiswa ini untuk melihat proses pembelajaran dan bermain yang dilakukan di Sekolah Alam tersebut.

Sambut Hari Pahlawan, TNI Beri Pengetahuan Tentang Tapal Batas Negara Kepada Siswa

Dosen pendamping mata kuliah Metode Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini, Beatriks N. Bunga, Rabu (6/11/2019) menyampaikan bahwa kunjungan lapangan ini sangat penting bagi mahasiswa dalam rangka pengembangan metode outbound sebagai salah satu metode pengembangan fisik motorik anak.

"Kami tahu, sekolah alam memiliki permainan lokal yang sangat ramah dengan konsep alam. Dengan demikian, kami bermaksud melakukan ke sini untuk melihat lebih dekat. Kami berharap setelah dari sini, mahasiswa bisa berpikir lebih kreatif dan inovatif dalam mendesign proses pembelajaran dan permainan ketika bersama anak-anak," jelas Beartiks.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana Gandeng BPBD Manggarai Timur Diskusi Publik

Ketua Himpaud di Kecamatan Kupang Timur, Pdt. Yetty Fangidae pada kesempatan ini menyampaikan apresiasi dan dukungan atas kunjungan belajar ini. Pihaknya memang harus terus melakukan inovasi pembelajaran di PAUD karena dasar pengembangan karakter dimulai dari tingkat pendidikan ini.

"Kita bersyukur sekolah alam memberi warna yang berbeda, yang bisa memberi contoh pengembangan berbagai aspek perkembangan anak. Baik berupa fisik-motorik, moral, bahasa, sosial-emosional, seni, dan juga matematika dasar," ujar Yetty.

Yahya Ado, Pendiri Sekolah Alam Manusak menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Program Studi (Prodi) PG PAUD Undana atas terlaksananya studi lapangan ini.

"Terima kasih untuk kunjungan belajar ini. Sebagai sekolah yang berbasis alam, kami sedang memulai inisiasi sebuah pembelajaran dan permainan dengan basis alam. Ini dimaksud untuk mendekatkan anak dengan lingkungan mereka. Bagi kami, alam adalah kehidupan, sekaligus sekolah buat mereka," demikian tutur Yahya.

Selain melakukan studi lapangan, para mahasiswa juga menikmati suasana sekolah alam dengan berfoto-foto dan melakukan outbound bersama. Sekolah ini dirancang tidak hanya sebagai wahana belajar, tetapi juga sebagai eko-wisata atau wisata pendidikan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved