Pasca Abu Bakar al-Baghdadi Tewas, Otoritas Turki Menangkap Rasmiya Awad, Kakak Sang Pemimpin ISIS

Otoritas Turki mengklaim menangkap seorang perempuan yang merupakan kakak Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi di timur laut Suriah.

Pasca Abu Bakar al-Baghdadi Tewas, Otoritas Turki Menangkap Rasmiya Awad, Kakak Sang Pemimpin ISIS
AFP/SOURCES
Dalam foto yang diduga diambil pada 30 April 2019 oleh media Al-Furqan menunjukkan Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi muncul pertama kalinya dalam lima tahun sejak dia mendeklarasikan kekhalifahan pada 2014. 

Setelah Abu Bakar al-Baghdadi Tewas, Otoritas Turki Klaim Telah Menangkap Rasmiya Awad. kakak perempuan Pemimpin ISIS

POS-KUPANG.COM, DAMASKUS - Otoritas Turki mengklaim menangkap seorang perempuan yang merupakan kakak Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi di timur laut Suriah.

Namanya, Rasmiya Awad dibekuk di kota Azaz. "Dia ditemukan dalam kontainer ketika dilakukan penyerbuan," kata seorang sumber internal Ankara.

Dilansir Sky News dan Al Jazeera Senin (4/11/2019), kakak Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi disebut merupakan "tambang intelijen" bagi Turki.

Saat ini, fokus aparat adalah menggali informasi dengan menginterogasi perempuan 65 tahun itu, suaminya, menantu, beserta lima cucunya.

"Kami berharap bisa mendapat keterangan penting dari saudari Baghdadi mengenai cara kerja internal ISIS," terang pejabat itu.

Sebelumnya, Baghdadi diberitakan tewas dalam penyerbuan yang dilakukan pasukan khusus Amerika Serikat (AS) di Idlib, Suriah, pada 26 Oktober lalu.

Pemimpin kelompok ekstremis yang diyakini berusia 48 tahun itu tewas setelah mengaktifkan bom bunuh dirinya tatkala disudutkan di terowongan persembunyian.

Dalam konferensi pers Minggu (27/10/2019), Presiden AS Donald Trump mengumumkan tewasnya Pemimpin ISIS itu disertai dengan kronologinya.

Trump menyebut pria yang kepalanya dihargai 25 juta dollar AS, atau sekitar Rp 350 miliar, itu mati "laksana anjing dan pengecut".

Halaman
1234
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved