Terharu Kisah Kakek Tobias di Koting Sikka, 20 Tahun Buta, Tinggal di Gubuk Tua Beralas Karpet Lusuh

Bikin Terharu kisah kakek Tobias di Koting Sikka, 20 tahun buta, tinggal di gubuk tua beralas karpet lusuh

KOMPAS.COM/NANSIANUS TARIS
Kakek Tobias Kuut (70) dan Odilia Oliva saat diwawancara Kompas.com di gubuk tua mereka, di Desa Koting D, Kecamatan Koting, Kabupaten Sikka, NTT, Kamis (24/10/2019). 

Bikin Terharu kisah kakek Tobias di Koting Sikka, 20 tahun buta, tinggal di gubuk tua beralas karpet lusuh

POS-KUPANG.COM | MAUMERE - Bikin Terharu kisah kakek Tobias di Koting Sikka, 20 tahun buta, tinggal di gubuk tua beralas karpet lusuh.

Kakek Tobias Muut (70), warga Desa Koting D, Kecamatan Koting, Kabupaten Sikka, sudah 20 tahun mengalami kebutaan. Kakek Tobias mengalami kebutaan karena terkena serangga saat bekerja di kebunnya.

Sejak mengalami kebutaan, kakek Tobias hanya bisa terbaring lemas di dalam sebuah gubuk tua. Di gubuk tua itu, ia tidur tanpa kasur dan bantal.

Pratikno Ungkap Alasan Jokowi Tak Jadi Rekrut Menteri Muda di Bawah 30 Tahun

Di siang hari, suhu di pondok tua ini sangat panas. Kakek Tobias terpaksa membuka baju agar tidak gerah.

Untuk buang air besar dan kecil serta mandi, ia harus jalan merangkak menuju kamar mandi. Tak jarang, ia juga buang air di tenda tidurnya.

"Sudah 20 tahun saya ini buta, Pak. Awalnya kena serangga, lama-lama saya jadinya tidak bisa melihat sampai sekarang. Mau obat ke dokter, uang dari mana. Kami ini orang miskin. Tidak punya apa-apa," tutur kakek Tobias kepada Kompas.com, Kamis (24/10/2019).

Gempa Bumi 3,8 SR Guncang Tenggara Ende, Flores NTT

Ia mengungkapkan, setelah mengalami kebutaan, ia tidak bisa melakukan aktivitas apa-apa. Setiap hari, ia hanya bisa baring di tenda tidur sambil menunggu makan dari sang istri.

Kakek Tobias mengaku, dulunya ia bekerja menanam kacang tanah, memetik kakao, dan kelapa untuk memperoleh uang.

Namun, sejak matanya buta, uang susah sekali diperoleh. "Saya hanya kasihan dengan istri. Dia terpaksa kerja keras untuk kasih saya makan. Sebenarnya saya ingin sekali melihat lagi. Itu saja mimpi saya dari dulu," kata kakek Tobias.

Halaman
123
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved