Pantai di Kabupaten Sikka Ini Sering Dijumpai Ikan Napoleon

Di Pantai Kabupaten Sikka saat ini seringkali dijumpai jenis ikan napoleon

Pantai di Kabupaten Sikka Ini Sering Dijumpai Ikan Napoleon
ISTIMEWA
Ilustrasi Ikan Napoleon 

Di Pantai Kabupaten Sikka saat ini seringkali dijumpai jenis ikan napoleon

POS-KUPANG.COM | MAUMERE - Kondisi karang laut yang semakin baikk dalam rentang waktu 10 sampai 15 tahun belakangan menjadi habitat yang bagus berkembang biak ikan napoleon di perairan Kabupaten Sikka, Pulau Flores.

"Paling potensial sebaranya di Bola, Sikka, Pulau Babi, Pangabatang dan Kojadoi. Kalau ada karang laut yang bagus pasti ada ikan Napoleon," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sikka, Paul Bangkur, didampingi Floridius Dionisius, kepada pos-kupang.com, Senin (21/10/2019).

Pimpinan DPRD Sumba Tengah Siap Dilantik

Floridius, pernah menyelam di pantai selatan menilai ekosistim pernah menemukan ikan Napoleon. Ia menunggu beberapa lama dalam air sampai Ikan Napoleon keluar dari celah karang.

Paul Bangkur menegaskan, ketika terumbu karang sehat ikan akan melimpah. Sebaliknya ketika terumbu karang rusak atau tidak sehat, ikan berkurang.

"Kondisi kita (Sikka), 25 persen tutupan karang hidup sehat. Ikan Napoleon makan hama karang. Kalau ada banyak bulu seribu, pasti ada Ikan Napoleon di sana," kata Paul.

Disebut Terlibat Pengrusakan Rumah Warga, Begini Tanggapan Anggota DPRD TTU Brando Sonbiko

Paul mengatakan, Ikan Napoleon merupakan salah satu jenis ikan dilindungi. Dinas Kelautan dan Perikanan Sikka terlibat melakukan pengawasan terpadu dan penyadaran kepada masyarakat di sentra-sentra nelayan.

Meski diakuinya pengalihan kewenangan zona pantai dari kabupaten ke propinsi menyulitkan pemerintah kabupaten. Ia mencontohkan ketika terjadi penangkapan penyu di Bola, Dinas Kelautan dan Perikanan Sikka melaporkan ke propinsi.

"Saat itu mereka (Dinas Kelautan dan Perikanan) NTT turun ke Bola lakukan penyadaran kepada nelayan dan buat surat pernyataan. Kemudian ada sosialiasi kepada murid SD Ipir," tukas Floridius.

Floridius menambahkan, Ikan Napoleon merupakan hewan hermaprodit (kelamin ganda). Dalam rentang waktu tertentu kelaminnya bisa berubah dari betina menjadi jantan atau sebaliknya. Karena itu merupakan ikan langka perkembangbiakannya. (laporan reporter pos-kupang.com, eginius mo'a).

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved