Pemulangan Pengungsi Wamena, Papua, BPTD dan Dishub NTT Siagakan Armada Darat

Pemulangan pengungsi Wamena, Papua, BPTD dan Dishub NTT siagakan armada darat

Pemulangan Pengungsi Wamena, Papua, BPTD dan Dishub NTT Siagakan Armada Darat
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Kepala Seksi Transportasi jalan BPTD NTT Jujur Panjaitan ST, MMT dan Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas perhubungan NTT Yohanes Taka Dosi saat memberikan bingkisan kepada perwakilan pengungsi saat penjemputan di Pelabuhan Tenau Kupang pada Sabtu (19/10/2019). 

Pemulangan pengungsi Wamena, Papua, BPTD dan Dishub NTT siagakan armada darat

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Badan Pengelola Transportasi Darat ( BPTD) Wilayah XIII NTT bersama Dinas Perhubungan Provinsi NTT ( Dishub NTT) menyiapkan armada darat untuk mendukung proses pemulangan para korban kerusuhan Wamena dari Kupang ke daerah asal masing masing.

Armada darat ini disiapkan khusus untuk memfasilitasi perjalanan para pengungsi dari Kupang ke beberapa wilayah asal para pengungsi di beberapa kabupaten di Pulau Timor.

Puluhan Warga NTT dari Wamena Papua Tiba di Kupang

Sebanyak 51 orang pengungsi asal NTT yang masuk dalam kloter kedua pemulangan tiba di Pelabuhan Tenau Kupang pada Sabtu (19/10/2019) pagi dari Makassar menggunakan KM Bukit Siguntang.

Rombongan terdiri dari 18 orang asal Kabupaten TTS, 9 orang asal Kabupaten Alor, 10 orang asal Kota dan Kabupaten Kupang, 4 orang asal Kabupaten Malaka serta 8 orang dari Kabupaten Rote Ndao.

Kepada POS-KUPANG.COM saat penjemputan pengungsi di Pelabuhan Tenau Kupang, Kepala Seksi Transportasi jalan BPTD NTT Jujur Panjaitan ST, MMT mengatakan pihaknya bersama Dinas Perhubungan Provinsi mendukung proses pemulangan para pengungsi hingga ke tempat mereka masing masing.

Pemprov NTT Fasilitasi Penjemputan Pengungsi Wamena Papua

"Kami berkoordinasi untuk penjemputan ini dan mendukung pengantaran ke rumah masing masing utamanya untuk beberapa kabupaten di wilayah Pulau Timor," ujar Jujur.

Selain itu, tambahnya, pihak BPTD bersama Dinas Perhubungan juga memberikan dukungan berupa konsumsi selama perjalanan serta bingkisan kepada para pengungsi.

Sementara itu, Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas perhubungan NTT Yohanes Taka Dosi mengatakan bahwa pihaknya bersama BPTD wilayah XIII menyiapkan dua armada bus Damri untuk melayani rute Kota dan Kabupaten Kupang serta Kabupaten TTS dan TTU untuk hari pertama dan satu armada ke Kabupaten Malaka untuk hari kedua.

"Kita memiliki tanggung jawab untuk memfasilitasi terutama aspek transportasi dan dalam hal ini kita bekerjasama dengan Balai Pengelola Transportasi Darat wilayah 13 NTT dari kemenhub kita bersama bersinergi memberikan fasilitas berupa pengangkutan," ujarnya.

Mereka sepakat menyampaikan harapan agar kondisi Wamena cepat pulih.

"Harapan kita ya cepat pulih, sehingga teman teman yang sebelumnya kerja di sana bisa melanjutkan pekerjaan lagi dan bisa hidup dengan damai di sana," ujar mereka. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved