Personel SAR Maumere dan Kota Kupang Jalani Diklat Spesialis Dua Minggu

Para personel SAR Maumere dan Kota Kupang menjalani diklat spesialis dua minggu

Personel SAR Maumere dan Kota Kupang Jalani Diklat Spesialis Dua Minggu
POS-KUPANG.COM/Eginius Mo'a
Direktur Kesiapsiagaan dan Latihan Basarnas, Didi Hamzar,S.Sos, M.M, dan Dandim 1603 Sikka, Letkol (Inf) Sugeng Prihatin, Rabu (9/10/2019) menyematkan tanda peserta pelatihan personil SAR di Aula,Hotel Permata Sari Maumere. 

Para personel SAR Maumere dan Kota Kupang menjalani diklat spesialis dua minggu

POS-KUPANG.COM | MAUMERE - Sejumlah 14 personil Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere dan Kantar SAR Kupang, sejak Rabu (9/10/2019) sampai dua minggu mendatang menjalani latihan pos komando pencarian dan pertolongan dalam bentuk pembekalan SAR planning bersertifikat.

Pendidikan dan pelatihan ( Diklat) spesialis merujuk kurikulum dan silabus Balai Diklat Basarnas menghadirkan lima instruktur dari Balai Diklat, Direktorat Operasi, dan Kantor SAR kelas A Bali. Direktur Kesiapsiagaan dan Latihan Basarnas, Didi Hamzar,S.Sos, M.M, membuka pelatihan di Hotel Permata Sari Maumere.

Dosen Undana dan Trash Hero Ajar Siswa Smansa Nubatukan Daur Ulang Sampah Plastik

Didi, mengatakan perencanaan menjadi kunci keberhasilan dan kegagalan operasi pencarian dan pertolongan. Ia mengajak peserta pelatihan mengikuti serius dan melaksanakan instruksi yang diberikan instruktur.

"Harapan saya pelatihan ini meningkatkan kualitas dan kepercayaan personil kantor pencarian dan pertolongan yang ada di daerah mengemban tugas-tugas kemanusiaan dan menghasilkan semangat kemanusiaan," pinta Didi.

Bawang Merah Adalah Komodoti Unggulan Revolusi Pertanian Malaka

Menurut Didi, sebesar dan seberat apapun tugas yang dhadapi, bila dengan didasari niat mulai, pelayanan pencarian dan pertolongan bukan suatu hal mustahil diwujudkan.

Setelah Diklat ini, Didi mengharapkan kantor pencarian dan pertolongan memiliki tenaga SAR planner yang berkompeten dan diandalkan mewujudkan operasi pencarian dan pertolongan di wilayah kerja.

Didi mengatakan, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere harus memiliki sumber daya manusia dengan pengetahuan dan ketrampilan yang berkualitas.

Diklat ini merupakan jenjang Diklat spesialis dengan harapan agar manajemen perencanaan operasi dan pencarian pertolongan dapat efeketif dan efisien.

"Jadikan latihan ini ajang pembelajaran, tukar menukar pengalaman dan mengeratkan jalinan silahturahmi sesama insan SAR," kata Didi.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere, I Putu Sudayana, menjelaskan pelatihan ini akan memberikan pengetahuan dan ketrampilan tentang perencanaan operasi pencarian dan pertolongan. Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pencarian dan pertolongan. Menambah kekuatan personil perencanaan, operasi pencarian dan pertolongan, meningkatkan kinerja organisasi melalui sumber daya yang profesional. (laporan reporter pos-kupang.com, eginius mo'a)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved