Gempa Bumi "Goncang" Pantai Sulamanda, Ratusan Pengunjung Panik

Gempa bumi dengan kekuatan 7 SR "mengguncang" kawasan wisata Sulamanda, Desa Mata Air, Kupang Tengah.

Gempa Bumi
Dok Kepala Desa Mata Air
Kegiatan simulasi penanggulangan bencana gempa dan Tsunami, Badan Nasional Penanggulangan Bencana Provinsi NTT, Selasa (8/10/2019) 

Gempa Bumi "Goncang" Pantai Sulamanda, Ratusan Pengunjung Panik

POS KUPANG.COM I OELAMASI--Gempa bumi dengan kekuatan  7 SR "mengguncang" kawasan wisata Sulamanda, Desa Mata Air, Kupang Tengah.

Dampak dari gempa bumi yang terjadi Selasa (8/10/2019) itu membuat ratusan Pengunjung panik,  46 orang berhasil diselamatkan Tim BNPB NTT.

Seperti disaksikan, sebanyak ratusan orang pengunjung pantai wisata Sulamanda awalnya bersendagurau di kawasan ini. Secara mengejutkan gempa bumi "menggoncang" kawasan ini sehingga warga panik.

Ada sebagian hilang disapu gelombang. Puluhan masyarakat Desa Mata Air, petugas BNPB NTT dan BNPBD Kabupaten Kupang  hanya berhasil menyelamatkan sebanyak 46 orang dari 150 orang  pengunjung sesuai data karcis masuk di pantai Sulamanda di hari itu.

Demikian hasil simulasi penanggulangan bencana gempa dan Tsunami, Badan Nasional Penanggulangan Bencana Provinsi NTT bersama masyarakat Desa Mata Air, Kecamatan Kupang, Kabupaten Kupang di pantai wisata Sulamanda, Selasa (8/10/2019).

Kepala BPBD Propinsi NTT, Thomas Bangke membenarkan kegiatan simulasi itu untuk mengedukasi masyarakat agar masyarakat paham dan tahu tanda - tanda tzunami dan bagaimana cara mereka  menyelamatkan diri dari ancaman bencana tersebut

Simulasi gempa dan Tsunami ini, kata Thomas, sebagai upaya mendukung pembangunan  Pariwisata NTT. Tahun ini, pihaknya hanya 2 kali melaksanakan simulasi bencana di dua tempat wisata yakni, di pantai wisata Lasiana Kota Kupang dan pantai wisata  Sulamanda Kabupaten Kupang.

Kepala Desa Mata Air, Benny Kanuk sangat berterima kasih karena simulasi bencana BNPB NTT dilaksanakan di pantai Wisata Sulamanda

MDS Gelar Bazar Tawarkan Aneka Promo Menarik

Ini Tujuannya Kongregasi Suster Jesus Maria Joseph Gelar Kegiatan Bakti Sosial di Kefamenanu

"Kita semua tidak akan tahu kapan bencana datang tetapi dengan adanya edukasi tanggap darurat bencana melalui simulasi ini tentu masyarakat akan paham dan tahu cara menyelamatkan diri mereka bila bencana itu terjadi," kata Benny.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved