TNI Obati Warga Perbatasan dan Beri Sembako

Aparat TNI dari Satgas Pamtas RI-RDTL mengobati Warga Perbatasan dan memberi Bantuan Sembako

TNI Obati Warga Perbatasan dan Beri Sembako
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Satgas Pamtas Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ Pos Mahen memberikan pelayanan kesehatan dan pemberian sembako kepada warga perbatasan di Desa Baudaok, Kecamatan Lasiolat, Kabupaten Belu, NTT, Sabtu (5/10/2019). 

Aparat TNI dari Satgas Pamtas RI-RDTL mengobati Warga Perbatasan dan memberi Bantuan Sembako

POS KUPANG.COM| ATAMBUA - Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ Pos Mahen memberikan pelayanan kesehatan dan pemberian sembako kepada warga perbatasan di Desa Baudaok, Kecamatan Lasiolat, Kabupaten Belu, NTT.

Pelayanan kesehatan secara door to door ini merupakan bentuk kepedulian Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ terhadap masyarakat di wilayah binaan Pos Mahen.

Bupati Malaka Minta Bangun Puskesmas, Begini Respon Menteri Kesehatan

Pasalnya, masyarakat di perbatasan masih sangat membutuhkan sentuhan, baik dari sisi kesehatan maupun pemenuhan kebutuhan hidup rumah tangga.Kondisi ini mendorong satgas pamtas untuk melakukan pelayan kesehatan dan pemberian sembako.

Hal ini disampaikan Dansatgas Yonif Raider 142/KJ, Letkol (Inf) Ikhsanudin, S.Sos.,M.M kepada wartawan, Minggu (6/10/2019). Dikatakannya, permasalahan yang masih dialami masyarakat perbatasan RI-RDTL Sektor Timur antara lain, akses ke fasilitas kesehatan masih sangat jauh dan sarana transportasi belum memadai. Kondisi ini tentu menyulitkan masyarakat untuk mendapat pelayanan kesehatan.

Pilkada 2020, Stefanus Bria Seran Daftar di PKB Malaka

Ketika ada gangguan kesehatan, masyarakat jarang ke fasilitas kesehatan karena aksesnya sangat jauh.

Kondisi ini mendorong tim kesehatan Pos Mahen untuk memberikan pelayanan kesehatan dari rumah ke rumah (door to door). TNI mendatangi rumah-rumah warga lalu memberikan pelayanan seperti tensi dan mengobati orang sakit ringan.

"Kesehatan dan kesulitan masyarakat merupakan hal yang menjadi perhatian kita, karena kalau tidak ada rakyat, TNI tidak berarti apa-apa. Bersama rakyat TNI akan kuat," tegas Letkol Ikhsanudin.

Lanjut Letkol Ikhsanudin, selain pelayanan kesehatan, Pos Mahen juga memberikan sembako kepada warga yang benar-benar membutuhkan.

Kegiatan pelayanan kesehatan dan pemberian sembako ini dipimpin Danpos Mahen, Serka Andrie Gunawan beserta 6 orang anggota lainnya. Dua personel tim kesehatan melakukan pemeriksaan kesehatan bagi warga dan satu personil bertugas memberikan obat-obatan yang dibutuhkan warga.

Kemudian, dua personel membagikan sembako kepada warga masyarakat dan 2 personel lainnya disiagakan untuk pengamanan di sekitar lokasi kegiatan dalam rangka mengantipasi sesuatu hal yang tidak kita inginkan.

Ketua RT 01 Desa Baudaok, Zakarias Maya (42) menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh pihak Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ.

"Terima kasih kepada Bapak-bapak TNI yang telah membantu dan memperhatikan kesulitan kami," ucapnya.

Senada dengan apa yang disampaikan Dansatgas, Serka Andrie Gunawan selaku Danpos Mahen mengatakan, mereka siap membantu masyarakat apabila mengalami kesulitan.

"Jika masyarakat ada kesulitan, jangan sungkan-sungkan untuk datang ke pos, karena bila masyarakat kesusahan kami juga merasa tersakiti, TNI memiliki jiwa sosial dan loyalitas yang tinggi terhadap masyarakat," tandasnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved