Bupati Malaka Minta Bangun Puskesmas, Begini Respon Menteri Kesehatan

Ketika Bupati Malaka Stefanus Bria Seran minta Bangun puskesmas, bgini respon Menteri Kesehatan

POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K) saat menghadiri acara Pencanangan Bulan Kaki Gajah Nasional yang berlangsung di Kota Betun, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT, Jumat (4/10/2019) malam. 

 Ketika Bupati Malaka Stefanus Bria Seran minta Bangun puskesmas, bgini respon Menteri Kesehatan

POS-KUPANG.COM| BETUN - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K) memberikan respon positif terkait permintaan Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran untuk membangun puskesmas-puskemas di Malaka serta peningkatan sarana dan prasarana di Rumah Sakit Umum Penyangga Perbatasan ( RSUPP) Betun.

Pasalnya permintaan dari Bupati Malaka Stefanus Bria Seran itu sejalan dengan program Kementerian Kesehatan dalam hal peningkatan pelayanan di Puskesmas dengan membangun gedung yang berstandar dan peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Pilkada 2020, Stefanus Bria Seran Daftar di PKB Malaka

Kemudian, sejalan dengan program Nawacita Presiden Jokowi, Kementerian Kesehatan terus memberikan perhatian lebih bagi daerah-daerah perbatasan termasuk Kabupaten Malaka.

Menkes menyambut positif permintaan dari Bupati Malaka dan akan ditindaklanjuti oleh kementarian.

Menkes mengatakan demikian saat acara Pencanangan Bulan Kaki Gajah Nasional yang berlangsung di Kota Betun, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT, Jumat (4/10/2019) malam.

Danlantamal VII Pimpin Apel Perayaan HUT TNI ke-74 di Kupang

Menurut Menkes, setelah mendengar permintaan dari Bupati Malaka Stefanus Bria Seran, ia sangat gembira karena permintaan tersebut sesuai dengan program dari Kemenkes yakni memperkuat pelayanan di tingkat puskesmas.

"Bapak tadi memerlukan puskesmas, saya sangat gembira. Memang puskesmas atau pelayanan primer ini sangat dibutuhkan oleh kita semua", kata Menteri Kesehatan disambut tepukan tangan meriah dari hadirin.

Lanjut Menkes, puskesmas merupakan pelayanan primer dalam bidang kesehatan sehingga ketersedian fasilitas seperti gedung dan alat kesehatan menjadi perhatian Kemenkes. Kemudian, Kemenkes juga memberikan perhatian terhadap SDM di puskesmas melalui pengiriman tenaga dokter ke puskesmas-puskemas di seluruh Indonesia termasuk NTT.

"Bapak usulkan tenaga dokter. Nanti kita kirim dokter intership untuk magang di Malaka di rumah sakit dan puskesmas. Kemudian kita bisa mengirim nusantara sehat. Jika memang bapak perlu dokter spesialis, bapak minta dan akan kami berikan", kata Menkes.

Halaman
12
Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved