Gubernur NTT Buka Orientasi DPRD Nagekeo, Simak Tujuannya

Gubernur NTT melalui Asisten III Drs. Cosmas Lawa, M. Si, membuka kegiatan orientasi /pembekalan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Nagekeo, Se

Gubernur NTT Buka Orientasi DPRD Nagekeo, Simak Tujuannya
istimewa
Gubernur NTT, Viktor Laiskodat saat membuka kegiatan 

POS KUPANG.COM --Gubernur  NTT melalui Asisten III Drs. Cosmas Lawa, M. Si, membuka kegiatan orientasi /pembekalan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Nagekeo, Selasa (1/10/2019). Kegiatan  bertempat di Hotel Swisberlin Jalan Timor Raya, Pasir Panjang Kota Kupang.

Demikian informasi yang disampaikan Staf BPSDM Daerah NTT, Dr. Frans Sales, SPd, MM, lewat whatsapps, Rabu (2/10/2019)

Kegiatan diawali  sapaan oleh MC petugas Bagian Protokoler Kantor Gubernur NTT,  lalu menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya. Selanjutnya Laporan ketua panitia di ampaikan  Drs. Antonius Bala Deker, MM.

Maksud dan tujuan  kegiatan Orientasi/Pembekalan yang diberikan kepada Anggota DPRD Kabupaten Nagekeo adalah membangun pemahaman yang sama dalam memberi pelayanan publik yang ramah, efisien, efektif, berkualitas, produktif dan administrasi yang baik melalui mekanisme yang benar.

Merujuk pada UU RI no.23 tahun 2014, tentang Pemerintah Daerah. Bahwa penyelenggara pemerintah daerah adalah Eksekutif dan Legislatif. Kedua penguasa kekuasaan yakni pemerintah dan DPRD harus dipahami sebagai mitra kerja, kolega, sejawat.

Lihat Jadwal Laga Bergengsi Dihadapi Persib Bandung di Liga 1 2019 Bulan Oktober

Mantan Menteri, Pengusaha Hingga Penah Jadi Advokat ,Lihat 5 Pimpinan DPR Periode 2019-2024

Hubungan kerja secara horisontal sejajar, maka harus sinergi bekerja dalam melayani kepentingan publik dan mengurus masalah-masalah publik dapat berlangsung dengan baik dan berkualitas dan produktif.

Selanjutnya tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi, pengetahuan, keterampil dalam seni berpolitik yang elegan dan berperilaku yang baik dan membangun etika komunikasi yang ramah, santun dalam suasana yang humanis.

DPRD harus memahami terkait 3 peran/Fungsi yang dimiliki yaitu sebagai Legislai atau pembuat peraturan daerah bersama kepala daerah, Anggaran yakni ikut membahas dan menyetujui anggaran /APBD, pengawas yakni mengawasi terkait pelaksanaan peraturan daerah dan terhadap penggunaan APBD.

Juga harus memahami tentang tugas, kewenangan dan hak bagi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Materi- materi kegiatan merujuk pada kurikulum orientasi DPRD dari Kementerian Dalam Negeri. Yaitu materi Utama dan materi muatan lokal.

Sedangkan narasumber dari akademisi, widýaiswa,birokrat yang memiliki kompetensi yang relevan, Misalnya, ti Dr. Soni Zet Libing, M.Si, Kepala Badan Aset Daerah Prov. NTT, Dr. Ahmad Atang , M.Si dari Universitas Muhamadya Kupang, Lucy Koli, S.Pt. M.Si, Bappedalitbang Prov.NTT, Dr. Keron Ama Petrus.SE.MA. dan lainnya.

Turut hadir pada acara pembukaan seperti, Dr. Keron Ama Petrus, SE. MA, Kepala BPSDMD Prov. NTT. Kabid. Manajerial dan Pemerintahan dan Peningkatan Kapasitas ASN , Drs. Antonius Bala Deket, MM, Kasi Pemerintahan Dra. Paulina, Anggota DPRD Kabupaten Nagekeo berjumlah 25 orang dengan rincian 15 wajah baru dan 10 wajah-wajah lama yang terpilih kembali melalui hasil pemilihan umum yang baru belangsung bulan April 2019,

panitia BPSDMD NTT dan sejumlah Panitia Sekretariat DPRD Kabupaten Negekeo yang dikoordinir langsung oleh Sekwan Bpk Syukur.

Dari pemantaun Kepala BPSDMD Prov. NTT Dr. Keron Ama Petrus , SE, MA dan Panitia dapat disimpulkan bahwa peserta antusias dan respon baik terhadap kegiatan Orientasi DPRD ini. Harapan semoga menjadi program kerja rutins antara BPSDMD NTT dengam DPRD Kabupaten / Kota se -NTT. Salam ...Kolaborasi...menuju masyarakat sejaterah. By. Frans Sales. *)

Editor: Ferry Ndoen
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved