Tersangka Korupsi Dana PIP Diserahkan Ke Kejaksaan Guna Segera Disidangkan

Kejaksaan Negeri TTS akan menentukan jaksa penuntut umum untuk perkara tersebut, dan didaftarkan di Pengadilan Tipikor Kupang guna disidangkan.

Tersangka Korupsi Dana PIP Diserahkan Ke Kejaksaan Guna Segera Disidangkan
POS-KUPANG.COM/Dion Kota
Kasat Reskrim Polres TTS, Iptu Jamari, SH., MH 

Tersangka Korupsi Dana PIP Diserahkan Ke Kejaksaan Guna Segera Disidangkan

POS-KUPANG.COM|SOE -- Usai dinyatakan lengkap beberapa waktu lalu, berkas perkara dugaan korupsi
Dana Program Indonesia Pintar (PIP) SMP Negeri 3 Amanuban Selatan sebesar Rp. 209.500.000 bersama tersangka yang juga merupakan kepala sekolah, Saferianus Olin, Selasa (24/9/ 2019) diserah penyidik Tipikor Polres TTS.

Penyerahan dibawah pimpinan Bripka Rudy soik, SH kepada pihak Kejaksaan Negeri TTS guna diproses persidangan.

Selanjutnya, Kejaksaan Negeri TTS akan menentukan jaksa penuntut umum untuk perkara tersebut, dan didaftarkan di Pengadilan Tipikor Kupang guna disidangkan.

Kasat Reskrim Polres TTS, Iptu Jamari,SH., MH mengatakan, terbongkarnya kasus dugaan korupsi tersebut bermula dari musibah kebakaran yang melanda bangunan sekolah SMP Negeri 3 Amanuban Selatan pada Selasa (6/11/2018) silam.

Pasca kejadian, tersangka mengaku kepada penyidik Polres TTS jika uang PIP yang sudah diambil sebelumnya disimpan di dalam berangkas dan ikut terbakar bersama bangunan sekolah.

Namun, penyidik menaruh curiga karena di dalam berangkas tidak ditemukan arang sisa uang PIP yang terbakar.

Setelah penyidik Polres TTS melakukan pendalaman, akhirnya penyidik mengamankan uang senilai 210.750. 000 yang dibungkus amplop coklat di kediaman tersangka.

Tersangka mengaku, sebagian uangnya sudah digunakan untuk keperluan pribadi. Tersangka pun langsung digiring ke Mapolres TTS untuk mempertanggungkan perbuatannya.

"Berkas dugaan korupsi dana PIP sudah kita limpahkan kepada jaksa kejaksaan negeri TTS untuk selanjutnya akan disidangkan," ungkap Jamari.

BREAKING NEWS : Tabrak Jembatan Hukung di Lembata Yanson Tewas di Tempat

Ini Loh Puisi-Puisi Pos Kupang Minggu, Kepoin Yuk, Siapa Tahu Karyamu Ada di Sini

Atas perbuatan tersangka lanjutnya, tersangka diancam dengan Pasal 8 UU No. 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan acaman pidana penjara paling singkat 3 tahun dan paling lama 15 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp. 150 juta dan paling banyak Rp. 750 juta. (Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Dion Kota)

Penulis: Dion Kota
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved