Baru Dibuka, Jurusan Desain Grafis BLK Kupang Diminati Fasilitator Disabilitas

Baru dibuka, jurusan Desain Grafis BLK Kupang diminati fasilitator disabilitas

Baru Dibuka, Jurusan Desain Grafis BLK Kupang Diminati Fasilitator Disabilitas
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Siswa Kelas Desain Grafis BLK Kupang bersama instruktur kelas, Leader Ismail. Foto diambil pada Sabtu (21/9/2019). 

Baru dibuka, jurusan Desain Grafis BLK Kupang diminati fasilitator disabilitas

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Jurusan Desain Grafis pada Balai Latihan Kerja Kupang yang baru dibuka pada tahun anggaran 2019 ini ternyata ramai diminati. Tak hanya oleh para angkatan kerja, jurusan ini juga diminati oleh fasilitator disabilitas.

Saat ini, Jurusan Desain Grafis yang dibuka pada Balai Latihan Kerja (BLK) UPTD Latihan Kerja Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja (Kopnaker) Provinsi NTT itu telah memberi pelatihan untuk angkatan kedua. Dari 90 pendaftar, saat ini hanya diterima 16 siswa untuk setiap kelasnya.

BREAKING NEWS: Rumah Dinas Perhubungan Laut di Aimere Terbakar, Ini Penjelasan Polisi

Ofri Bolu (33), siswa angkatan kedua pada kelas Desain Grafis kepada POS-KUPANG.COM mengatakan bahwa meskipun jurusan Desain Grafis terbilang sebagai jurusan baru di BLK, namun mereka meyakini kualitas dan kompetensi jurusan tersebut.

Fasilitator yang mendampingi dan membina orang berkebutuhan khusus (difabel) di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Oelamasi ini mengaku ikut kelas Desain Grafis untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan sebagai bekal untuk mendampingi para siswanya di sekolah.

Manajemen Swiss-Belinn Kristal Hotel Bersihkan Pantai Warna Warni

Ia mengatakan bahwa Desain Grafis merupakan sebuah jurusan yang memiliki pangsa pasar kerja yang luas dan terbuka, termasuk untuk para difabel yang ia dampingi di sekolah.

"Saat ini desain grafis menjadi kebutuhan, karena sesuai perkembangan jaman. Ini juga yang mau kita bawa dan kita ajarkan untuk anak anak disabilitas," katanya.

Siswa lain, Sonia Latuparisa (17) yang juga bertindak sebagai ketua kelas menambahkan, Jurusan Desain Grafis merupakan jurusan favorit meski baru dibuka.

Ia menjelaskan, selama mengikuti kelas yang telah dibuka sejak 3 September 2019 itu, ia dan rekan rekannya mendapat materi dan ilmu aplikatif, baik yang diberikan secara teori maupun langsung dipraktekkan oleh instruktur kelas.

Ia mengaku, kualitas kelas Desain Grafis di BLK Kupang tidak kalah dengan kelas desain grafis lainnya. Ia bahkan yakin mampu bersaing di dunia kerja dengan kemampuan yang dimiliki setelah digembleng selama mengikuti kelas tersebut.

"Kelas ini bagus, instrukturnya juga bagus dan semua materi dibuat supaya mudah kita pahami. Selain itu, materinya juga sesuai dengan kebutuhan kerja," ujar alumni SMAK Giovanni Kupang ini.

Sebelumnya, instruktur Desain Grafis BLK Kupang, Leader Ismail kepada wartawan mengungkapkan, meski jurusan Desain Grafis merupakan jurusan baru namun pesertanya telah siap untuk mengikuti sertifikasi. Dengan kurikulum yang disiapkan di BLK, ia yakin alumni Jurusan Desain Grafis Grafis Kupang mampu bersaing di dunia kerja maupun dunia industri. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved