DPRD NTT Minta Pemerintah Uji Petik Kasus Tenaga Kerja di Kaltim

DPRD NTT meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT melakukan uji petik terhadap kasus tenaga kerja di Kutai, Provinsi Kalimantan Timur (

DPRD NTT Minta Pemerintah Uji Petik Kasus Tenaga Kerja di Kaltim
Pos kupang.com/oby lewanmeru
Sekretaris Fraksi PKB DPRD NTT, Ana Waha Kolin,S.H 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/KUPANG - DPRD NTT meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT melakukan uji petik terhadap kasus tenaga kerja di Kutai, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Uji petik perlu dilakukan agar mengetahui akar persoalan yany dialami oleh tenaga kerja asal NTT.

Hal ini disampaikan Sekretaris Fraksi PKB DPRD NTT, Ana Waha Kolin,S.H, Rabu (18/9/2019).
Menurut Ana, mencuatnya masalah ini, maka secepatnya pemerintah harus menyikapinya. Langkah yang bisa ditempuh, yakni melakukan uji petik atau pengecekan langsung di lapangan.

"Uji petik di lapangan perlu dilakukan sehingga tidak saling menyalahkan satu sama lainnya, baik pekerja, perusahaan maupun dengan pers. Kita minta pemerintah melalui dinas teknis segera sikapi," kata Ana.

Dijelaskan, persoalan itu sebenarnya bukan masalah baru tapi sudah juga berlangsung lama,karena itu pemerintah perlu mengambil langkah -langkah kongret untuk mengatasinya.

"Dinas teknis harus melihat persoalan ini sebab sudah masuk kejahatan manusia. Karena itu perlu uji petik di lapangan," katanya.

Bupati dan Wabub Sumba Barat Daya Berjanji Tertibkan Pungli di Lokasi Wisata

Dia mengatakan, pemerintah harus turun ke lokasi dalam kesempatan pertama agar melakukan pengecekan secara langsung kepada para pihak.

Ditanyai, apakah pekerja itu dikembalikan ke NTT, ia mengatakan, hal itu sesuai kesepakatan di sana saat uji petik.

"Jadi harus dicek soal perjanjian kerja antara pemberi kerja dan pekerja. Dari kontrak atau perjanjian itu,kita bisa ketahui besar upah dan juga masa kerja," katanya. (*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved