Wabup Flotim Minta Polisi Tindak Tegas Pembakar Lahan Ile Mandiri

Pejabat Wakil Bupati Flores Timur minta Polisi Tindak Tegas pembakar lahan Gunung Ile Mandiri

Wabup Flotim Minta Polisi Tindak Tegas Pembakar Lahan Ile Mandiri
ISTIMEWA
Wabup Flotim pimpin pemadaman karhutla di Gunung Ile Mandiri, Selasa (17/9/2019) 

Pejabat Wakil Bupati Flores Timur minta Polisi Tindak Tegas pembakar lahan Gunung Ile Mandiri

POS-KUPANG.COM | LARANTUKA - Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli meminta polisi menindak tegas pelaku pembakaran lahan di Ile Mandiri.

"Warga yang iseng atau sengaja membakar rumput hingga merembes ke hutan dan lahan kami minta agar ditindak tegas polisi," katanya kepada wartawan, Selasa (17/9/2019).

Pilkada 2020 di Sumba Timur, Partai Hanura Jagokan Tirta Samuel Mehang

Ia mengaku menyayangkan peristiwa karhutlah yang terjadi di sekitar lereng Gunung Ile Mandiri akibat ulah orang yang tidak bertanggung jawab.

Agus Boli mengatakan membakar lahan adalah paktik sangat tercela dan berdampak buruk pada berbagai aspek kehidupan, termasuk merusak kekayaan wisata alam dan pegunungan di daerah setempat.

Pemprov NTT Beri Beasiswa Mahasiswa STIKes Maranatha Kupang dan Akper Maranatha SoE

"Masih untung peristiwa ini terjadi di hutan kalau di dekat kampung adat atau permukiman penduduk maka lebih parah. Karena itu praktik oleh oknum warga seperti ini harus ditindak tegas polisi agar ada efek jera. Kebakaran hutan-lahan ini hampir setiap tahun terjadi," kata dia sebagaimana keterangan pers yang diterima Pos-Kupang.Com.

Akibat kebakaran, puncak Ile Mandiri habis di lahap api dan akan berdampak pada adanya kekeringan, gunung menjadi gundul dan berpotensi banjir longsor di musim barat ini dan menimpa kota larantuka dan sekitarnya seperti tahun 1979 dan 2003 yg merupakan hari kelabu kota larantuka.

"Saya minta para Camat, lurah dan kepala desa di sekeliling lereng Ile Mandiri seperti Kecamatan Larantuka, Ile mandiri dan Lewolema agar dapat menggerakan masyarakatnya ke kebun dan mebuatkan petak pembatas api dengan perkebunan lain agar tidak merembes ke kebun dan pemukiman warga, terangnya.

Kepada Raja Larantuka Wabub Agus juga meminta dibuatkan Seremoni secara adat untuk mendapatkan hujan agar dapat memadamkan api di lokasi kebakaran.

"Kami berhasil matikan satu titip api di bukit lereng Amagarapati dekat Pemakaman Raja Larantuka sedangkan titik lain masih kita gerakan ASN dan masyarakat dapat bahu membahu untuk dapat memadamkan api.

Pemerintah daerah Flores Timur juga meminta dukungan dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional untuk dapat membantu Pemda terkait kebakaran di Ile Mandiri karena area apinya terus meluas.

Untuk diketahui, Wakil Bupati Flotim Agustinus Payong Boli bersama para ASN Flores timur dan TNI Polri terjun langsung memadamkan api ke lokasi kebakaran hutan dan lahan di kawasan Gunung Ile Mandiri kabupeten Flores Timur. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo)

Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved