Satgas Pamtas Ajar Anak Sekolah di Perbatasan, Lihat Reaksi Anak Sekolah

Anggota Satgas Pamtas RI-RDTL ajar anak sekolah di perbatasan, lihat reaksi anak sekolah

Satgas Pamtas Ajar Anak Sekolah di Perbatasan, Lihat Reaksi Anak Sekolah
POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas
Anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ Pos Motaain melaksanakan kegiatan bela negara di SD I Motaain, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, NTT Senin (16/9/2019). 

Anggota Satgas Pamtas RI-RDTL ajar anak sekolah di perbatasan, lihat reaksi anak sekolah

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ Pos Motaain melaksanakan kegiatan bela negara di SD I Motaain, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, NTT Senin (16/9/2019).

Prajurit TNI mengajar anak-anak sekolah tentang bela negara dan wawasan kebangsaan. Tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan rasa nasionalisme pada diri anak sekolah yang adalah generasi penerus bangsa.

Hari Ini, BRI Cabang Ruteng Gelar Hadian Panen Simpedes di Terminal Borong

Kegiatan mengajar ini merupakan salah satu program dari Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Pos Motaain.

Danpos Motaain, Lettu (Inf) Sahita kepada Pos- Kupang.Com, Senin (16/9/2019) mengatakan, Pos Motaain melaksanakan kegiatan mengajar di SD 1 Motaain, sebuah sekolah yang berada dalam wilayah binaannya. Sekolah ini memiliki 57 murid.

Pemprov NTT Diskusi Penggalangan Komitmen Pemangku Kepentingan dalam Pencegahan Stunting

Lettu Sahita menugaskan beberapa anggota pos Serda Tri Taruna Sihombing, Pratu Ade Mandala P, Pratu Syarif Hidayat, dan Prada Budi. Kegiatan dipimpin Serda Tri Taruna Sihombing.

Dalam kegiatan ini, prajurit TNI mengajarkan anak-anak mulai dari latihan peraturan baris-berbaris (PBB), penghormatan, sikap sempurna dan materi bela negara yang disampaikan dalam kelas.

Tampak anak-anak sekolah antusias mengikuti kegiatan dan serius mendengarkan materi pelajaran. Anak-anak juga semangat memberikan jawaban atas pertanyaan dari TNI. Hal itu terlihat ketika siswa berlomba-lomba mengangkat tangan agar diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan.

Personil Pos Motaain merasa bangga dengan semangat dari anak-anak sekolah di wilayah perbatasan. Meski bangunan SD 1 Motaain belum terlalu memadai namun semangat para siswa untuk bersekolah cukup tinggi. Begitu juga dengan para guru dengan setiap mengabdi di sekolah di wilayah perbatasan.

Menurut Lettu (Inf) Sahita, saat memberikan pelajaran, ada seorang anggotanya bernama Prada Budi mengkisahkan pengalaman yang sama ketika ia mengenyam pendidikan di Bukit Dua Belas, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi.

Kondisi kehidupan di kampungnya mirip dengan kondisi kehidupan di Motaain bahkan lebih sulit dari Motaain. Prada Budi yang adalah salah satu Suku Anak Dalam (SAD) di Jambi memberikan motivasi kepada anak-anak sekolah agar tetap semangat belajar demi meraih cita-cita masa depan yang lebih cemerlang.

Ia mencontohkan, dirinya yang adalah anak lahir di daerah pedalaman bisa menjadi seorang anggota TNI. Cita-cita itu terwujud berkat kerja keras dan semangat belajar serta terus mengasah diri.

Guru penanggungjawab SD Motaain, Nalia Belak (52) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Pos Motaain yang selalu mendukung aktivitas belajar mengajar di sekolahnya. Bahkan personil TNI ditugaskan untuk mengajar di sekolah.

Hal ini sangat membantu sekolah dalam hal motivasi anak-anak sekolah serta mendapat tambahan pengetahuan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved