Bandara Supadio Tertutup Asap, Pesawat Jemaah Haji Kalbar Mendarat di Soekarno Hatta

Cuaca di Bandara Supadio tertutup asap, pesawat Jemaah Haji Kalbar mendarat di Bandara Soekarno Hatta

TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Samar-samar terlihat dua pesawat parkir di Bandara Internasional Supadio Pontianak, di Kubu Raya, Kalimantan Barat, Minggu (15/9/2019) siang. Tercatat 19 penerbangan keberangkatan dan 18 penerbangan kedatangan dibatalkan pada hari ini. 

Cuaca di Bandara Supadio tertutup asap, pesawat Jemaah Haji Kalbar mendarat di Bandara Soekarno Hatta

POS-KUPANG.COM | PONTIANAK - Pesawat yang mengangkut 88 jemaah haji asal Kalimantan Barat batal mendarat di Bandara Internasional Supadio sekitar pukul 10.00 WIB, Minggu (15/9/2019).

Pesawat Sriwijaya Air yang bertolak dari Bandara Hang Nadim Batam ini diadang asap saat hendak mendarat di Bandara Supadio dan terpaksa mendarat di Bandara Soekarno Hatta.

Penyerahan Mandat KPK, Yusril: Bisa Menjebak Presiden Jokowi, Ini Alasannya

Pilot sempat berupaya untuk mendarat dengan berputar-putar di wilayah udara Pontianak sebanyak delapan kali, namun jarak pandang yang hanya 500 meter tak memungkinkan pendaratan. Demi keselamatan penumpang, pilot memilih mendarat di Bandara Soekarno Hatta.

"Setelah berputar sebanyak delapan kali, maka dengan sangat terpaksa harus kembali. Tidak kembali ke Batam, namun dibawa dulu ke Jakarta," ujar Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Kalimantan Barat Mahmudah.

Mahmudah memastikan terus memantau kondisi jemaah haji. "Kami terus berkoordinasi kapan jemaah akan dapat diterbangkan kembali ke Pontianak. Walaupun malam, akan diterbangkan. Tergantung kondisi cuaca asap," pungkasnya.

Satgas Pamtas Ajar Anak Sekolah di Perbatasan, Lihat Reaksi Anak Sekolah

Pada Minggu, ada 19 penerbangan dan 18 kedatangan yang dibatalkan. Hanya beberapa penerbangan yang bisa dilakukan sesuai jadwal, khususnya penerbangan pagi hari pukul 08.45 sampai 12.00 WIB yakni 7 keberangkatan dan 3 kedatangan.

"Setelah itu, dikarenakan jarang pandang mengalami penurunan hingga di bawah 1.000 meter, maka banyak penerbangan yang cancel, delay dan kembali ke Bandara asal. Untuk yang berangkat 25 penerbangan, cancel 19 penerbangan, delay ada 6. Kedatangan ada 18 yang cancel, delay 7. Itu termasuk pesawat yang kembali ke Bandara asal,"ungkap Plt Kadiv Operasional Bandara Internasional Supadio Pontianak Andry Felani.

Ia mengatakan, jarak pandang di runaway hingga pukul 15.32 hanya 2,3 Km. Diharapkan jarak pandang membaik, beberapa penerbangan yang dibatalkan bisa diberangkatkan atau bisa datang.

"Untuk kerugian kita masih belum bisa taksir, yang pasti dari maskapai rugi, kita juga rugi. Sementara ini, jadwal penerbangan tengah disiapkan. Kita tetap standby," jelasnya.

Halaman
1234
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved