Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan Kakanwil Kemenag NTT Minta Sertifikat

Peserta bimtek penyusunan laporan keuangan Kakanwil Kemenag NTT minta sertifikat

Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan Kakanwil Kemenag NTT Minta Sertifikat
POS-KUPANG.COM/Laus Markus Goti
Kakanwil Kemenag Nusa Tenggara Timur Sarman Marselinus dalam Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan di Hotel Galekat Nara, Larantuka, Flores Timur, Jum'at (13/9/2019). 

Peserta bimtek penyusunan laporan keuangan Kakanwil Kemenag NTT minta sertifikat

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Kakanwil Kemenag NTT, Drs. Sarman Marselinus menyampaikan permintaannya kepada seluruh satker di lingkungan Kementerian Agama di NTT agar dapat memberikan sertifikat kepadanya.

Sertifikat yang dimaksudkan Kakanwil Sarman yakni sertifikat penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Keuangan melalui Kantor Perbendaharaan Negara di wilayah kerjanya masing masing di NTT.

Sekjen PDIP Ungkap Protes Zulkifli Hasan Saat PAN Tak Dapat Kursi DPR di Jateng

Hal itu disampaikan Kakanwil Sarman di depan para operator keuangan dari Madrasah dan Kantor Kemenag Sikka, Flores Timur dan Lembata dalam kegiatan Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan, Jum'at (13/9/2019). Demikian rilis berita yang dikirim Kasubag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag NTT, Bobby Babaputra, S.Fil, M.M dari Hotel Galekat Nara, Larantuka, Flores Timur.

"Sekali lagi saya mohon, tolong beri saya sertifikat", kata Kakanwil.

Kakanwil Sarman optimis permintaannya itu dapat disanggupi oleh semua satker kemenag yang di NTT.

Simak Cerita Warga Dengar Ledakan di Mako Brimob Semarang, Awalnya Dikira Mercon

Menurutnya hal itu dapat diraih apabila para operator keuangan bekerja keras dan selalu memperbaharui pengetahuan mengenai regulasi regulasi terkait pengelolaan keuangan negara dan mendapat dukungan dan perhatian yang penuh dari pimpinan satker masing masing.

"Saya paham pekerjaan ini tidak mudah, butuh ketekunan tetapi juga harus didukung oleh pimpinan masing masing. Jangan biarkan mereka bekerja sendiri. Sesekali ajak mereka ngobrol bersama, minum atau makan bersama, dengarkan curhatan mereka. Jangan biarkan mereka jalan sendiri. Dengan cara demikian mereka akan merasa diperhatikan dan mereka juga pasti akan bertanggungjawab, " kata Sarman.

Sarman Marselinus mengakui dengan keterbatasan SDM dan juga sarana prasarana dapat menghambat memperlambat pencapaian prestasi namun dirinya optimis apabila SDM dan sarana yang sudah ada dimaksimalkan disertai dukungan dari masing masing pimpinan satker, bukan tidak mungkin, prestasi dan penghargaan seperti yang diharapkan akan mudah diperoleh.

Sarman menjelaskan pengelolaan dan pelaksanaan anggaran yang telah diamanatkan oleh negara harus dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab. Hal itu dikarenakan anggaran negara adalah hak masyarakat yang harus dilaksanakan dengan baik dan bertanggungjawab jawab sehingga sasaran akhir yakni peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai.

" Laksanakan pengelolaan anggaran dengan sebaik mungkin, realisasi penyerapan anggaran harus sebanding dengan terjadinya perbaikan taraf hidup masyarakat. Jika kita tidak dapat merealisasikan anggaran dengan baik, kita sebenarnya gagal memikul tanggungjawab sebagai pelayan masyarakat ", jelas Sarman.

Kasubag Informasi dan Humas, Bobby Babaputra mengatakan kegiatan Bimtek penyusunan laporan Keuangan digelar bersama Kanwil Kemenag NTT dan satker satker daerah dalam beberapa titik kumpul.

" Kegiatan sejenis ini telah dilakukan di beberapa titik kumpul dengan melibatkan satker satker terdekat, dipetakan perwilayah seperti di Timor, Flores dan Sumba, " ungkap Bobby

Khusus untuk Kemenag Flores Timur selain menjadi tuan rumah kegiatan bimtek, Kakanwil Sarman Marselinus dalam kesempatan itu juga melaunching Website Kementerian Agama Flores Timur.

" Ini sebuah langkah maju, tanda inovasi dan ini cara menyesuaikan pola kerja dengan kebutuhan zaman," kata Kakanwil Sarman Marselinus. (Laporan reporter pos-kupang.com/laus markus goti)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved