Inilah Nama-nama Calon Dirum Bank NTT Yang Lolos

Tiga orang dinyatakan lulus sebagai calon direktur umum (Dirum) Bank NTT. Mereka akan mengikuti fit and proper test di OJK

Inilah Nama-nama Calon Dirum Bank NTT Yang Lolos
POS KUPANG/YENI RACHMAWATI
Ketua KRN Bank NTT, Frans Gana didampingi Sekretaris Dewan Komisaris Bank NTT, Joseph Lewokeda, ketika menggelar Jumpa Pers Proses Pencalonan Direktur Umum Bank NTT, di Aula Rapat Lantai II Kantor Bank NTT Pusat, Kamis (12/9/2019). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Dari lima orang calon Direktur Umum (dirum) Bank NTT yang mendaftar, setelah dicek ada tiga calon yang memenuhi syarat yaitu Paulus Stefen Messakh, Aloysius R A Geong dan Johanis Landu Praing.

Lima orang yang mendaftar untuk calon dirum yaitu Kepala Divisi UMKM dan Konsumen Bank NTT, Sonny G S Pellokila, Pemimpin Cabang Khusus Bank NTT, Johanis Tadoe, Kepala Divisi Rencorsec Bank NTT, Johanis Landu Praing, Kepala Divisi Supporting Kredit Bank NTT, Aloysius R A Geong dan Paulis Stefen Messakh.

"Sesuai dengan SOP akan menjadi calon Dirum sampai penyampaian dokumen ke OJK Pusat sudah harus memenuhi sertifikat manajemen risiko level 5. Dari lima orang yang mendaftar, tiga calon memiliki sertifikat tersebut. Paulus Messakh dan Johanis Landu Praing sudah memiliki sertifikat manajemen risiko level 5. Sedangkan Aloysius R A Geong sudah mengikuti ujian manajemen risiko level 5 dan hasilnya dinyatakan lulus," kata Ketua Komite Renumerasi dan Nominasi (KRN) Bank NTT, Frans Gana, didampingi Sekertaris Dewan Komisaris Bank NTT, Joseph Lewokeda, ketika menggelar Jumpa Pers Proses Pencalonan Direktur Umum Bank NTT, di Ruang Rapat Lantai II, Bank NTT Pusat, Kamis (12/9/2019).

Ini Alasan Kanwil DJPb Provinsi NTT Harus Bangun Zona Integritas

Ketua DPD Golkar Sumbar Gandeng Timotius Ragga Bertarung Pada Pilkada, Ini Penegasannya

Untuk menghindari conflict of interest calon Dirum atas nama Paulus S Messakh, maka terhitung 2 September 2019 yang bersangkutan telah dinonaktifkan sementara sebagai anggota KRN Bank NTT.
Frans menjelaskan, tahapan pemilihan Calon Dirum Bank NTT. mulai dari tahap persiapan sejak (16-20/8/2019). Dilanjutkan dengan konsultasi Divisi Kepatuhan Bank NTT, (21-30/8/2019).

Pengumuman dan pendaftaran calon Dirum Bank NTT periode 2019-2024, sejak (2-4/9/2019). Dilanjutkan verifikasi dokumen lamaran calon direktur umum pada (9-10/9/2019).

"Hari ini wawancara dengan calon direktur umum yang lulus tes administrasi," katanya.

Komposisi tim yang melakukan wawancara yaitu Komisaris Utama Bank NTT, Juvenile Jodjana, Komisaris Independen Bank NTT selaku Ketua KRN, Frans Gana, Semuel Djoh, Rektor Undana, Prof Fred Benu dan Mantan Direktur Utama Bank NTT, Wem Nunuhitu

BREAKING NEWS - Pembunuhan Bocah Kembar di Kupang, Polisi Tetapkan Ibu Sebagai Tersangka

Frans mengatakan, aspek penilaian yang dilakukan untuk calon Dirum Bank NTT yaitu kompetensi, integritas, reputasi keuangan dan kesesuaian.

"Dari hasil wawancara akan dikonsultasikan dengan Pemegang Saham Pengendali dari situlah ada pertimbangan ke OJK untuk melakukan fit and proper test. Kita berharap fit and proper test tidak lebih dari akhir tahun ini, kalau sudah terisi maka lengkaplah jajaran manajemen direksi di Bank NTT," ujarnya.

Dia menegaskan, proses pencalonan direktur umum Bank NTT dilakukan berdasarkan amanat hasil RUPS terkait kekurangan dan kelengkapan manajemen dalam rangka good governance sehingga harus segera di isi.

Namun karena proses masih berjalan beberapa saat, sambil menunggu konsultasi karena harus dikomunikasikan dengan Pemegang Saham Pengendali dalam hal ini Gubernur NTT, maka KRN mencari yang kompeten dan cocok untuk jabatan ini.

Ia mengatakan KRN sudah kantongi SK dan sudah menindaklanjuti dengan rapat internal dewan komisaris. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved