Di Sabu Raijua - NTT, Wisatawan Serbu Kelabba Madja

Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua (Sarai) akan menggelar Festival Jelajah Pesona Kelabba Madja dari tanggal 9-12 September 2019.

Di Sabu Raijua - NTT, Wisatawan Serbu Kelabba Madja
POS KUPANG/GERADUS MANYELA
Suasana pembukaan jelajah pesona dan festival Kelabba Madja di Lapangan Napae, Seba, Senin (9/9/2019)

POS KUPANG. COM, SEBA -Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua (Sarai) akan menggelar Festival  Jelajah Pesona Kelabba Madja dari tanggal  9-12 September 2019.

Penutupan festival berlangsung di lapangan pinggir pantai selatan, tepatnya di kaki bukit Kelabba Madja. Ribuan warga lokal dan wisatawan memadati acara penutupan itu. Kelabba Madja adalah  destinasi cantik mirip Painted Hills di Oregon dan gunung Pelangi di Zhangye Danxia, Tiongkok. 

Kelabba Madja memiliki topografi berupa perbukitan dan tebing-tebing seperti tabung, dengan corak yang unik berwarna-warni. 

Dedtinasi wisata yang diburu penikmat keindahan alam ini, terletak di Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua. Daerah ini mempunyai keunikan tersendiri karena perpaduan dari wisata alam, petualangan dan budaya dari agama kepercayaan warga setempat yakni Jingitiu.

Untuk mencapai lokasi itu, pengunjung harus menempuh perjalanan kurang lebih satu jam dari Seba, ibukota Kabupaten Sabu Raijua (Sarai). Kelabba Madja letaknya  dekat pantai selatan Pulau Sabu. Untuk melihatnya dari dekat dan memburu spot yang menarik pengunjung  harus ditemani pemandu dari warga sekitar  bernama  Efer Weue.

Namun pada penutupan festival,   Kamis (12/9/2019) , pengunjung bebas memburu spot foto tanpa ditemani om Efer. 

Bupati Sabu Raijua, Nikodemus Rihi Heke dalam sambutannya menekankan pentingnya kebersihan dan keindahan. Untuk itu, warga Sabu Raijua harus tetap pegang penuh dan melaksanakan Sapta Pesona,  yakni bersih, indah, sejuk, ramah, aman, tertib dan kenangan. 

Bupati Nikodemus menyampaikan terima kasih kepada Anugera Pesona Indonesia (API) yang telah menobatkan  Kelabba Madja  sebagai surga tersembunyi terpopuler dan meraih juara I  API 2018.

Untuk  menarik perhatian wisatawan, kata Bupati Nikodemus,  Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua menggelar Festival Kelabba Madja yang telah berlangsung,  9-12 September  2019.

Ayuningsih, wisatawan asal Jakarta yang ditemui di Kelabba Madja mengaku kagum dengan lukisan Tuhan yang menakjubkan. Dia mengaku penasaran dengan berita dan foto-foto di media sosial sehingga beranikan diri untuk datang dan melihat langsung. 

Dia bersama tiga rekannya, Nur, Indah dan Serly menumpang pesawat dari Jakarta ke Kupang dan dari Kupang ke Sabu dengan kapal cepat. Soal biaya, katanya, tidak menjadi masalah. Perjalanannya cukup menyenangkan, satu hal yang perlu diperhatikan masyarakat Sabu Raijua dan pemerintah adalah penginapan. (gem) 

 
 

Penulis: Gerardus Manyela
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved