Kejati NTT Limpahkan Kasus Korupsi NTT Fair

Enam terdakwa itu akan ditahan 20 hari lagi untuk menunggu penyusunan dakwaan oleh penyidik.

Kejati NTT Limpahkan Kasus Korupsi NTT Fair
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Bangunan di Kawasan NTT Fair yang terletak di Bimoku Kelurahan Lasiana Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang yang terindikasi sarat korupsi dalam pengerjaannya, diabadikan Kamis (2/5/2019). 

Kejati NTT Limpahkan Kasus Korupsi NTT Fair

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Proses hukum kasus dugaan tindak pidana korupsi pembangunan gedung NTT Fair bergulir.

Setelah penyelidikan, penyidikan hingga penetapan tersangka, kasus ini oleh Kejati NTT ditingkatkan ke tahap dua. 

Setelah dinyatakan lengkap (P21) oleh jaksa peneliti berkas, tim penyidik Tindak Pidana Khusus (Tipidsus) Kejati NTT melakukan pelimpahan (tahap II) kepada penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri Kota Kupang.

Pelimpahan ini (tahap dua) dilaksanakan pada Selasa (10/9/2019).

Kasi Penkum Kejati NTT, Abdul Hakim yang dikonfirmasi POS-KUPANG.COM pada Selasa (10/9/2019), menjelaskan, tim penyidik Tipidsus Kejati NTT telah melakukan pelimpahan kasus NTT Fair kepada JPU Kejari Kota Kupang.

“Hari ini kasus NTT Fair dinaikan ke tahap II  dari tangan penyidik Tipidsus Kejati NTT ke tangan JPU Kejari Kota Kupang. Terkait ada atau tidaknya tersangka baru pasti akan terungkap dalam fakta persidangan," ujarnya. 

Tahap II yang dilakukan penyidik Tipidsus Kejati NTT kepada JPU Kejari Kota Kupang setelah berkas perkara NTT Fair dinyatakan lengkap (P21) oleh jaksa peneliti berkas perkara.

Abdul mengatakan, setelah dilakukan tahap II oleh penyidik Tipidsus Kejati NTT, maka berkas perkara selanjutnya akan dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Kupang oleh JPU Kejari Kota Kupang untuk disidangkan.

“Setelah tahap II, tinggal JPU Kejari Kota Kupang limpahkan ke Pengadilan Tipikor Kupang untuk disidangkan, kerugian negara saat ini sesuai hasil audit BPKP provinsi NTT 12.7 milyar," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved