Napan dan Oepoli Layak Dapat DAK Afirmasi

Wilayah Napan di Kabupaten TTU dan Oepoli di Kabupaten Kupang, Provinsi NTT, layak mendapatkan DAK Afirmasi

Napan dan Oepoli Layak Dapat DAK Afirmasi
ISTIMEWA
Kepala Bidang Ekonomi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappelitbangda Provinsi NTT, DR. Ir. Alfonsus Theodorus, MT (tengah) saat berbicara tentang Arah dan Kebijakan DAK Afirmasi dan Penugasan TA 2021 di Kawasan Perbatasan Negara, yang diselenggarakan Badan Perbatasan Provinsi NTT, di T- More Hotel Kupang, Kamis (29/8/2019) sore. 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Wilayah Napan di Kabupaten Timor Tengah Utara ( TTU) dan Oepoli di Kabupaten Kupang, Provinsi NTT, layak mendapatkan dana alokasi khusus (  DAK) Afirmasi dari pemerintah pusat.

Selain dua wilayah tersebut, wilayah Maritaing di Kabupaten Alor, dan wilayah Noel Besi Citrana Kabupaten Kupang, serta wilayah Binjael Sunan-Oben (Manusasi Kabupaten TTU) juga layak mendapatkan DAK Afirmasi.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Ekonomi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappelitbangda Provinsi NTT, DR. Ir. Alfonsus Theodorus, MT saat menyampaikan materi tentang Arah dan Kebijakan DAK Afirmasi dan Penugasan TA 2021 di Kawasan Perbatasan Negara, yang diselenggarakan Badan Perbatasan Provinsi NTT, di T-More Hotel Kupang, Kamis (29/8/2019) sore.

Disebut Kafir, Ini Jawaban Cerdas Raja Boti Dari Kabupaten TTS

Pada saat itu, Alfons secara khusus membedah materi tentang DAK Afirmasi ke daerah perbatasan seperti Oepoli di Kabupaten Kupang, Napan di Kabupaten TTU dan Maritaing di Kabupaten Alor

"Lokasi itu (Napan, Oepoli dan Maritaing) bisa dilakukan DAK Afirmasi. Selain itu wilayah Binjael Sunan-Oben (Manusasi Kabupaten TTU) juga layak mendapatkan DAK Afirmasi," kata Alfons.

Secara geografis, Napan dengan pusat kegiatan strategis nasional (PKSN) dengan Kefamenanu memiliki fungsi sebagai pusat pelayanan kepabeanan, imigrasi, karantina, dan keamanan; pusat kegiatan pertahanan dan keamanan negara; pusat pemerintahan; pusat perdagangan dan jasa; pusat industri pengolahan, industri kerajinan dan industri jasa hasil peternakan; pusat pengembangan pariwisata berbasis wisata budaya; pusat industri pengolahan dan industri jasa hasil hortikultura dan perkebunan; pusat industri pengolahan dan industri jasa hasil pertanian tanaman pangan; pusat industri pengolahan hasil pertambangan mineral (tembaga, emas dan mangan); pusat promosi pariwisata dan komoditas unggulan berbasis potensi lokal; pusat pelayanan pendidikan dan kesehatan; dan
pusat pelayanan sistem angkutan umum penumpang dan angkutan barang.

NasDem dan PKB Belum Putuskan Pimpinan DPRD NTT, Ini Alasannya

Sedangkan sebagai pusat pelayanan pintu gerbang, Napan memiliki fungsi sebagai pusat pelayanan kepabeanan, imigrasi, karantina, dan keamanan; pusat kegiatan pertahanan dan keamanan negara; pusat pelayanan pendidikan dan kesehatan; dan pusat pelayanan sistem angkutan umum penumpang.

Fungsi yang sama juga terhadap wilayah Oepoli serta beberapa wilayah lainnya.

Alfons menjelaskan, DAK Fisik Afirmasi mencakup tujuh bidang kegiatan, yaitu bidang pendidikan, kesehatan, sanitasi, air minum, transportasi perdesaan, perumahan dan permukiman, serta transportasi laut.

Sesuai arah kebijakan DAK fisik, lokasi prioritas DAK Afirmasi tahun 2020, adalah daerah tertinggal (122 kabupaten tertinggal dan difokuskan KTI), kawasan perbatasan (187 kecamatan Lokpri di 43 kabupaten/kota), kawasan transmigrasi, pulau-pulau kecil terluar (PPKT), serta Afirmasi Papua (seluruh kabupaten di Provinsi Papua dan Papua Barat)

Khusus untuk NTT, demikian Alfons, skenario yang kita lakukan sekarang untuk tahun 2021, karena untuk tahun 2020 sudah tidak bisa lagi karena tahapannya melalui program Krisna.

Untuk jadwal, perencanaan dan penganggaran DAK fisik tahun 2020 hingga minggu keempat Agustus 2019 tahapannya sudah sampai pada tahap akhir yaitu finalisasi hasil penilaian oleh pusat, sehingga tidak bisa lagi. (Laporan Reporter pos-kupang.com, Kanis Jehola)

Penulis: Kanis Jehola
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved