Kepsek SMAN 1 Ende Larang Siswa Bawa Wadah Abis Pakai Ke Sekolah

Kepala sekolah (Kepsek) SMAN 1 Ende melarang siswanya untuk membawa wadah minuman abis pakai ke sekolah.

Kepsek SMAN 1 Ende Larang Siswa Bawa Wadah Abis Pakai Ke Sekolah
POS KUPANG/ROMOALDUS PIUS
Kepsek SMAN 1 Ende, Yohanes A. Minggu 

Kepsek SMAN 1 Ende Larang Siswa Bawa Wadah Abis Pakai Ke Sekolah

POS-KUPANG.COM|ENDE---Kepala sekolah (Kepsek) SMAN 1 Ende melarang siswanya untuk membawa wadah minuman abis pakai ke sekolah.

Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi sampah plastik dan juga sebagai bentuk kampanye kepedulian kebersihan lingkungan kepada para siswa.

Kepala Sekolah SMAN 1 Ende, Yohanes A Minggu mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, Kamis (29/8/2019) di Ende.

Yohanes mengatakan bahwa saat ini pemerintah dan masyarakat sedang gencar mengkampanyekan pengurangan sampah plastik dan sebagai bentuk aksi nyata pihak sekolah dalam kampanye pengurangan sampah plastik adalah para siswa di sekolah tersebut dilarang membawa wadah plastik habis pakai.

“Jika sebelumnya para siswa membawa air minum dalam kemasan baik dalam bentuk botol maupun kaleng ke sekolah dan setelah itu wadahnya langsung dibuang karena memang habis pakai maka mulai Tahun Ajaran 2019 para siswa diwajibkan membawa air minum sendiri dari rumah tidak diperkenankan membawa air mineral dalam bentuk kemasan yang habis pakai,”kata Yohanes.

Menurut Yohanes langkah yang dilakukan oleh pihak sekolah sebagai respon akan kempanye pengurangan plastik karena memang keberadannya sudah dalam tahap yang mengkuatirkan.

“Kita lihat di pantai maupun got yang ada di Kota Ende dipenuhi dengan sampah plastik. Hal ini tentu mengkuatirkan karena dampaknya juga akan kembali ke manusia,”kata Yohanes.

Pihak sekolah SMAN 1 juga ujar Yohanes dalam upaya mengurangi dampak plastik menyediakan air minum kepada para siswa di masing-masing kelas.

“Para siswa silahkan membawa mok atau cangkir dari rumah kalau memang tidak ada botol karena pihak sekolah telah menyediakan air minum di sekolah silahkan diambil pada saat jam istirahat,”kata Yohanes.

Yohanes mengatakan bahwa kampanye pengurangan sampah plastik tidak sekedar wacana namun harus segera dipraktekan dan SMAN 1 Ende sudah mulai melakukan hal tersebut.

Halaman
12
Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved