BPPTD Mempawah Gelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Kupang

Pihak BPPTD Mempawah, Kalimantan Barat menggelar pendidikan dan latihan ( diklat) pemberdayaan masyarakat.

BPPTD Mempawah Gelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Kupang
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Peserta Diklat pemberdayaan masyarakat yang digelar oleh BPPTD Mempawah ,Kalimantan Barat di SMKN 1 Kupang 

POS-KUPANG.COM | KUPANG- Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat ( BPPTD) Mempawah, Kalimantan Barat menggelar pendidikan dan latihan ( diklat) pemberdayaan masyarakat. Diklat ini meliputi aplikasi komputer, kecakapan awak kapal dan Diklat pengatur lalu lintas.

Diklat ini berlangsung di SMKN 1 Kupang, Provinsi NTT selama lima hari sejak tanggal 26 Agustus hingga 30 Agustus 2019.

Kepala Seksi Penyelenggara Diklat BPPTD Mempawah, Rinto Rakhmatullah, S.Kom mengatakan, diklat yang digelar itu merupakan kerja sama BPPTD Mempawah dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Kupang.

Indonesia dan Timor Leste Jajaki Kerja Sama Angkatan Bersenjata, Simak Penjelasannya

Diklat itu meliputi Diklat aplikasi komputer angkatan 19, Diklat kecakapan awak kapal angkatan 7 dan 8 serta Diklat pengatur lalu lintas angkatan 37 dan angkatan 38.

Menurut Rinto, tujuan diklat itu, masing-masing untuk diklat aplikasi komputer bertujuan membentuk kualifikasi SDM yang mempunyai kompetensi aplikasi komputer dan mampu mengoperasikan aplikasi pada komputer.

Stand Amanuban Selatan Pajang Kain Tenun Bermotif Garuda

"Diklat kecakapan awak kapal bertujuan membimbing awak kapal memahami dan mengerti tentang keselamatan jiwa dalam berlayar di sungai, danau dan laut. Sedangkan diklat pengatur lalu lintas bertujuan agar peserta mampu melakukan pengaturan lalu linta sehingga sirkulasi lalu lintas di jalan dan sekitarnya menjadi lancar, aman dan teratur," kata Rinto.

Dijelaskan, dengan diselenggarakannya diklat itu, diharapkan dapat memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan para peserta, terutama untuk meningkatkan skill, sehingga mampu menciptakan SDM yang berkualitas khususnya dibidang transportasi.

Lebih lanjut dikatakan, BPPTD Mempawah memiliki sasaran tersedianya SDM yang berkualitas disektor transportasi pada masyarakat di daerah terpencil dan masyarakat kurang mampu sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 tahun 2014 tentang percepatan pembangunan daerah tertinggal.

Sedangkan metode dalam diklat, yakni ceramah, diskusi dan praktek lapangan. Tenaga pengajar dalam diklat ini berasal dari Dinas Perhubungan Kabupaten Kupang, Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, Polres Kupang, BMKG, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kupang serta dari SMKN 1 Kupang.
Dikatakan, dasar dari penyelenggaraan kegiatan itu, yakni PP Nomor 78 Tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal, PP Nomor 51 Tahun 2012 tentang SDM di Bidang Transportasi, Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing SDM Indonesia dan Peraturan Kepala Pengembangan SDM Perhubungan Nomor PK.05/BPSDMP-2017 tentang Pendidikan dan Pelatihan Transportasi bagi Masyarakat.

Untuk diketahui peserta diklat untuk aplikasi komputer angkatan 29 diikuti 30 orang, diklat kecakapan awak kapal angkatan 7 dan 8 diikuti 60 peserta dan diklat pengatur lalu lintas angkatan 37 dan 38 diikuti 60 orang.

Semua peserta berasal dari Kabupaten Kupang.
Sedangkan kurikulum untuk diklat aplikasi komputer sebanyak 50 jam, diklat kecakapan awak kapal sebanyak 60 jam dan diklat pengatur lalu lintas sebanyak 50 jam. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved