Warga Lambakara, Sumba Timur Andalkan Air Sumur, Begini Kondisi Mereka

warga masyarakat di Desa Lambakara, Kecamatan Pahunga Lodu, Kabupaten Sumba Timur masih mengandalkan air Sumur untuk kebutuhan minum, mandi, dan mencu

POS-KUPANG. COM/ROBERT ROPO
Warga Lambakara Sumba Timur 

 Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU---Sebagian besar warga masyarakat di Desa Lambakara, Kecamatan Pahunga Lodu, Kabupaten Sumba Timur masih mengandalkan air Sumur untuk kebutuhan minum, mandi, dan mencuci.

Warga setempat, Dominggus Hungguwali, Stephanus Djangga Uma, dan sejumlah warga lainya ketika ditemui POS-KUPANG. COM di Lambakara, Senin (26/8/2019) mengatakan, sebagian besar warga desa tersebut mengandalkan air sumur untuk mandi, cuci dan minum, sebab belum ada air PDAM yang masuk.

Ruteng- Manggarai, Tempat Usaha Milik Mateus di Manggarai Dilalap Jago Merah

Dikatakan Dominggus, di Lambakara terdapat sebuah sungai kecil, namun debit mata airnya kecil apalagi jauh dari wilayah perkampungan. Yang memanfaatkan air di sungai itu hanyalah sebagian kecil masyarakat.

Menurut Dominggus, untuk menjawab persoalan air bersih bagi warga setempat, hanya dengan sumur bor, jika dibangun jaringan perpipaan debit air itu tidak mencukupi.

"Debit mata air sangat kecil, karena banyak penggunaanya. 
Mata air yang cukup itu di Desa Mburu Kulu, Palanggai, dan Desa Kabaru ini bisa untuk perpipaan. Jadi lebih besar harapanya adalah sumur bor,"tambah Stephanus. (*)

 

Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved