Kementerian Pendidikan Terapkan Pendidikan Keluarga

Kementerian Pendidikan RI menerapkan program pendidikan keluarga dalam mempersiapkan sumber daya anak yang berkualitas serta meningkatkan hubungam int

Kementerian Pendidikan Terapkan Pendidikan Keluarga
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
PESERTA---Peserta bimbingan teknis (Bimtek) Pendidikan Keluarga di Kabupaten Malaka foto bersama, Kamis (22/8/2019). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| BETUN-----Kementerian Pendidikan RI menerapkan program pendidikan keluarga dalam mempersiapkan sumber daya anak yang berkualitas serta meningkatkan hubungam interaksi antara sekolah, orang tua dan masyarakat.

Mengawali penerapan program ini, Kementerian Pendidikan melakukan bimbingan teknis (Bimtek) kepada kepala sekolah, guru dan pengawas. Bimtek tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi seluruh penyelenggara pendidikan dalam menerapkan pendidikan keluarga

Kegiatan Bimtek berlangsung di Betun, Rabu (21/8/2019). Kegiatan dibuka Kepala Dinas Pendidikan, Kabudayaan, Pemuda dan Olahraga (PKPO) Kabupaten Malaka, Petrus Bria Seran. Kegiatan bimtek dihadiri 50 orang sedangkan untuk kegiatan sosialisasi di hari kedua sebanyak 150 orang.

Kepala Program pada Direktorat Pendidikan Keluarga Kementerian Pendidikan RI, Dr. Sugianto, SIP kepada wartawan mengatakan
bimtek tersebut untuk menyatuhkan persepsi para kepala satuan pendidikan, pengawas dan kepala sekolah terkait pelaksanaan program pendidikan keluarga. Selain itu, para komponen tersebut bisa menjadi fasilitator bagi orang tua dalam meningkatkan peran orang tua dalam membimbing anaknya.

"´┐╝Porgram ini lebih menekan pada hubungan interaksi amtara sekolah, orang tua dan masyarakat. Orang tua harus memiliki pengetahuan lebih dari sebelumnya. Kalau dulu banyak orang tua pasrahkan saja sampai enam tahun di sekolah baru orang tuanya tahu anaknya mau jadi apa. Dengan program ini kita berharap orang tua bisa mengawal anaknya mulai hari pertama masuk sekolah", kata Sugianto.

Sugianto berharap lewat program ini peran orang tua semakin besar ketimbang sebelumnya. Karena menghadapi anak dalam era digital sekarang ini cukup besar tantanganya. Orang tua mesti terlibat langsung dalam proses pembelajaran.

Kepala Dinas Petrus Bria Seran menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan RI yang datang memberikan ilmu kepada para penyelenggara pendidikan dan pengawas di Kabupaten Malaka melalui kegiatan Bimtek dan Sosialisasi yang digelar selama empat hari ke depan.

´┐╝Kadis Petrus berharap kegiatan seperti ini dapat berkesinambungan mengingat Malaka berada di kawasan perbatasan negara sehingga melalui materi yang disajikan bisa menguatkan seluruh keluarga di daerah perbatasan karena keluarga kuat pasti negara juga kuat.

Petrus juga berharap kepada para guru yang mengikuti kegiatan tersebut agar menjadi contoh di lingkungan keluarganya sendiri dan bisa ditularkan kepada keluarga-keluarga lain disekitarnya. (jen).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved